sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Mahfud MD: Modal Asabri turun Rp17,6 triliun per tahun

Mahfud MD menyebut modal Asabri terus merosot. Bagaimana likuiditasnya?

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Jumat, 17 Jan 2020 16:06 WIB
Mahfud MD: Modal Asabri turun Rp17,6 triliun per tahun

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut modal PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Persero) atau PT Asabri menurun Rp17,6 triliun dalam satu tahun terakhir.

"Modalnya Asabri dalam satu tahun itu, turun Rp17,6 sekian triliun," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (17/1).

Namun demikian, dia mengatakan para aparatur sipil negara, TNI, dan Polri yang dana pensiunnya dikelola oleh PT Asabri tidak perlu khawatir karena likuiditas keuangan perusahaan masih cukup untuk menunaikan kewajibannya.

"Karena likuiditasnya masih menjamin mereka dibayar sesuai dengan waktunya," ucapnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan, penurunan modal yang terjadi pada Asabri tengah diselidiki oleh pihak kepolisian, untuk mengusut apakah ada tindakan korupsi di dalam perusahaan asuransi tersebut atau tidak.

"Tapi yang turun ini sekarang sedang diselidiki polisi. Saya tidak bilang tidak adanya korupsi. Itu sudah bukan urusan Menkopolhukam," ucapnya.

Mahfud pun menjelaskan, sudah bukan tugas Menkopolhukam untuk menyelidiki kasus korupsi perusahaan. Pihaknya, katanya, hanya mendapatkan informasi dari sumber terpercaya.

"Kemenkopolhukam itu tidak berusaha mencari itu (korupsi), tapi mendapatkan informasi dari sumber-sumber yang kompeten," jelasnya.

Sponsored

Dia pun menegaskan, fungsi Kemenkopolhukam adalah untuk memastikan penegakan hukum dijalankan dengan benar, sesuai dengan tupoksi yang telah ditetapkan  

"Menkopolhukam itu melakukan penegakan hukum. Percayalah itu sekarang sedang didalami kemungkinan itu (korupsi)," ujarnya. 

Meraup cuan dari kematian

Meraup cuan dari kematian

Jumat, 28 Feb 2020 06:06 WIB
Berita Lainnya