sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemulihan ekonomi menunjukkan kemajuan, IHSG merangkak naik

Pasar modal dipegaruhi faktor eksternal dan dalam negeri.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 13 Agst 2020 16:31 WIB
Pemulihan ekonomi menunjukkan kemajuan, IHSG merangkak naik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 563.680
Dirawat 80.023
Meninggal 17.479
Sembuh 466.178

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,11% ke level 5.239 pada Kamis (13/8). Investor asing tercatat membukukan pembelian bersih sebesar Rp281 miliar.

Sebanyak 11,7 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp10,6 triliun. Sektor konsumer yang naik 0,85% dan sektor agrikultur yang menguat 0,69% menjadi pendorong penguatan IHSG hari ini.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan faktor eksternal masih cukup memengaruhi pergerakan saham dalam negeri. Kendati saat ini investor domestik cukup mendominasi perdagangan saham, namun tekanan dari geopolitik yang cukup besar masih menjadi kecemasan pelaku pasar.

Terlebih, lanjut Nico, negosiasi antara Amerika Serikat dan China yang juga berlangsung sejak tahun 2018 itu turut memberikan dampak pada perdagangan ekonomi dunia.

"Bagi Indonesia sendiri, fluktuasi terhadap nilai tukar serta defisit neraca perdagangan ikut menghantui pergerakan IHSG sejak perundingan tersebut dimulai," katanya.

Dia melanjutkan, hal baik tentunya diharapkan oleh pelaku pasar. Dengan demikian, keadaan dapat berjalan sesuai rencana dan semua pihak dapat diuntungkan.

Nico menuturkan, menjelang rilis data current account pada Jumat (14/8), pelaku pasar masih cukup optimistis terhadap progres pemulihan ekonomi nasional yang saat ini telah menyerap 22% dari total anggaran.

Adapun sentimen lainnya, pelaku pasar juga menanti keberlanjutan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jakarta. Seperti diketahui, PSBB Transisi diperpanjang untuk ketiga kalinya pada 31 Juli hingga 13 Agustus. Pasar menanti keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait perpanjangan kebijakan PSBB Transisi tersebut.

Sponsored
Geliat staycation pengusir penat

Geliat staycation pengusir penat

Jumat, 04 Des 2020 16:55 WIB
Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kasak-kusuk posisi staf khusus menteri

Kamis, 03 Des 2020 16:21 WIB
Berita Lainnya