sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden Jokowi targetkan tanam 1 juta kelapa genjah

Untuk saat ini penanaman kelapa genjah baru dimulai di wilayah Solo Raya

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Jumat, 12 Agst 2022 11:07 WIB
Presiden Jokowi targetkan tanam 1 juta kelapa genjah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk gencar melakukan pembukaan lahan pertanian baru di lokasi-lokasi yang selama ini tidak produktif. Tujuannya, agar bisa ditanami tanaman pangan.

Jokowi juga mengimbau seluruh masyarakat agar mulai memanfaatkan lahan pekarangan sekitar rumah untuk ditanami sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari seperti cabai. Ajakan penanaman mandiri ini, menurutnya, bisa mengantisipasi kelangkaan dan menjaga stabilitas harga pangan.

“Urusan cabai ini harusnya rumah tangga-rumah tangga di desa-desa itu bisa menanam itu di polybag atau di pekarangannya sehingga tidak ada yang namanya kita ini kekurangan cabai atau harga cabai naik drastis,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers nya di sela-sela kegiatan penanaman nasional bibit kelapa genjah di Desa Giriroto, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (11/8).

Dia juga menyampaikan jika pemerintah tengah mendorong penanaman kelapa genjah di beberapa wilayah Indonesia yang memiliki lahan tidak produktif dan cocok untuk ditanami. Wilayah tersebut di antaranya Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo.

“Kita sedang menanam secara nasional kelapa genjah, pohon ini hasilnya baru bisa kita lihat nanti sekitar 2,5 tahun lagi, atau 3 tahun baru kita bisa petik buahnya. Dalam setahun perkiraan satu pohon bisa menghasilkan sekitar 140-180 buah kelapa genjah,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, jenis kelapa genjah ini memiliki usia tanam yang singkat, hasil panen dapat diolah menjadi berbagai produk seperti gula semut, minyak kelapa, dan minuman segar. Sehingga, kelapa genjah dianggap cocok untuk menjadi salah satu tambahan pemasukan masyarakat di saat krisis pangan seperti sekarang.

“Kalau kita menanam secara nasional satu juta pohon, itu kalikan saja hasilnya berapa. Tetapi yang paling penting kita juga mempersiapkan industrialisasinya setelah ada hasil panen,” katanya.

Diketahui, Jokowi menargetkan penanaman satu juta pohon kelapa genjah di seluruh Indonesia. Untuk saat ini penanaman baru dimulai di wilayah Solo Raya, yakni 46 ribu bibit kelapa genjah di Kabupaten Boyolali, 44 ribu bibit di Kabupaten Karanganyar, dan 110 ribu bibit genjah di Kabupaten Sukoharjo.

Sponsored

“Ini baru mulai di sini. Nanti di provinsi-provinsi yang memang cocok untuk ditanami kelapa genjah, akan kita tanami. Targetnya kurang lebih 1 juta kelapa genjah untuk seluruh Indonesia,” ucap Jokowi.

Berita Lainnya
×
tekid