sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Produksi batu bara akan dipangkas, IHSG merangkak naik

Sektor pertambangan yang naik 1,08% dan sektor keuangan yang naik 1,03% menjadi penopang penguatan IHSG.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 01 Jul 2020 17:09 WIB
Produksi batu bara akan dipangkas, IHSG merangkak naik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 115056
Dirawat 37618
Meninggal 5388
Sembuh 72050

Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,18% ke level 4.914 pada perdagangan Rabu (1/7). Investor asing tercatat membukukan penjualan sejumlah Rp377 miliar di seluruh pasar.

Tercatat sebanyak 6,7 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp6,17 triliun. Sektor pertambangan yang naik 1,08% dan sektor keuangan yang naik 1,03% menjadi penopang penguatan IHSG hari ini.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan penguatan ini didorong oleh pernyataan Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) yang berencana memotong produksi batu bara hingga 15%-20%, guna mencari keseimbangan harga yang tertekan akibat pandemi.

"Di sisi lain, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM optimistis target produksi batu bara tahun ini tercapai meskipun permintaannya menurun," ujarnya.

Sponsored

Sementara analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan penguatan IHSG yang cukup terbatas ini didorong oleh sentimen dari ekspektasi pelaku pasar terhadap rilis data fundamental Indonesia yang berada jauh di bawah ekspektasi.

Indeks manajer pembelian (PMI) manufaktur Indonesia pada Juni berada di level 39,1 atau lebih rendah dibandingkan ekspektasi yang berada di sekitar 45,2. Meski begitu, indeks ini lebih tinggi dari periode sebelumnya.

"Hal ini memang terlihat baik jika kita mengacu pergerakan dari bulan ke bulan," ujar Nico. 

Berita Lainnya