sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ramesh Gururaja, majukan ekosistem teknologi via Tokopedia

Ketertarikannya dengan dunia teknologi sejak kecil mengatarkannya berkarir di Microsoft dan Amazon sebelum di Tokopedia.

Ghalda Anisah
Ghalda Anisah Kamis, 24 Sep 2020 20:13 WIB
Ramesh Gururaja, majukan ekosistem teknologi via Tokopedia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Pemanfaatan teknologi dapat menjawab tantangan dan membantu kehidupan masyarakat, termasuk 9 juta lebih penjual di Tokopedia yang nyaris 100% merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Juga menjadi salah satu akses menapaki karir di perusahaan terkemuka. Ini seperti pengalaman SVP of Product Tokopedia, Ramesh Gururaja, sempat bekerja di Microsoft dan Amazon karena ketertarikannya pada dunia teknologi sejak kecil.

"Walaupun saya lahir dan tumbuh di lingkungan yang sederhana, saya selalu percaya, bahwa pendidikan adalah satu-satunya pintu yang bisa membawa saya ke mana pun," katanya.

Ramesh kini menerapkan ilmu yang dimiliki untuk membimbing dan berkolaborasi bersama sekitar 300 karyawan Tokopedia di tim produk. Harapannya, memberikan kontribusi positif dalam keseharian jutaan masyarakat Indonesia melalui Tokopedia.

"Peluang industri teknologi di Indonesia masih sangat besar. Perkembangan teknologi yang semakin pesat berbanding lurus dengan kebutuhan talenta digital yang semakin tinggi. Hal ini mendorong saya meneruskan perjalanan karir di perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia. Saya ingin mengembangkan talenta digital yang bisa memberikan nilai tambah agar Indonesia dapat bersaing di pasar digital," tuturnya.

DIa menerangkan, kebutuhan pengguna merupakan poros dalam menciptakan inovasi produk. Karenanya, salah satu nilai yang diusung Tokopedia adalah focus on consumer agar menghadirkan pengalaman terbaik.

"Terlepas dari strategi apa pun yang dilakukan, yang terpenting adalah apakah pengguna mendapatkan manfaat dari produk yang dihadirkan Tokopedia,” lanjut Ramesh.

Bahkan di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19), Ramesh menghadirkan pengalaman penyesuaian sederhana serta platform khusus, sehingga memungkinkan setiap masyarakat Indonesia dapat memulai bisnis daring (online) dengan lebih mudah. 

Sponsored

Dari sisi pembeli, Ramesh dan tim terus memastikan masyarakat mendapat kemudahan dari mencari produk, melihat ulasan, membeli produk, hingga pengiriman sampai ke depan pintu rumah. Misalnya, pengguna dapat menemukan berbagai produk sesuai kebutuhan masing-masing saat membuka halaman muka Tokopedia karena disesuaikan dengan pengalaman yang terpersonalisasi. 

"Tokopedia juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, seperti pemerintah, pegiat usaha lintas sektor, dan mitra strategis lain untuk terus memastikan masyarakat dapat memanfaatkan layanan Tokopedia seperti biasa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Hal ini juga dilakukan Tokopedia dalam rangka bertransformasi menjadi superecosystem," tutup Ramesh.

Berita Lainnya