sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPUPR Kota Parepare tambal lubang di Jalan Mattirotasi

DPUPR Kota Parepare mengerahkan dua unit mobil untuk menambal beberapa lubang yang berada di sisi barat Jalan Mattirotasi, Sabtu (7/5).

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Senin, 09 Mei 2022 17:10 WIB
DPUPR Kota Parepare tambal lubang di Jalan Mattirotasi

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Parepare, Provinsi sulawesi Selatan, mengerahkan dua unit mobil untuk menambal beberapa lubang yang berada di sisi barat Jalan Mattirotasi, Sabtu, (7/5).

Pelaksana Tugas Kepala DPUPR Kota Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, mobil pertama memuat aspal cair sebagai lapis perekat (tack coat). Sementara mobil kedua bertugas memuat aspal yang digunakan menambal lubang-lubang tersebut.

“Sebelum aspal dihampar, terlebih dahulu diberi tack coat atau lapis perekat. Lapis perekat berfungsi untuk memberikan daya ikat antara lapis lama dengan baru,” jelas Samsuddin.

Samsuddin menjelaskan, penambalan dilakukan pada lubang-lubang yang dikategorikan ringan atau kecil, khusus di sisi barat Jalan Mattirotasi.

“Yang ringan dulu dikerja. Sementara yang berat nanti pelaksanaan kegiatan proyek rehabnya. Lubang yang berat atau besar bisa kelihatan dari jauh jadi pengendara bisa mengantisipasi atau menghindari lubang itu. Ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk kecelakaan lalu lintas,” sambungnya.

Lebih lanjut, Samsuddin memastikan Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare tahun ini akan merehabilitasi dan merekonstruksi jalan yang tersebar di beberapa titik.

“Untuk DAK (Dana Alokasi Khusus) 2022, ada beberapa ruas jalan akan dilakukan rehab dan rekonstruksi, termasuk Jalan Mattirotasi. Rencana dikerja di sisi barat, dan itu sudah dilelang,” tuturnya.

Anggaran pekerjaan jalan hotmix itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2022 yang dialokasikan senilai Rp27,618,888,000,-.  Anggaran itu terbagi dalam dua paket pekerjaan, yakni DAK paket I dan paket II.

Sponsored

DAK paket I dianggarkan senilai Rp15.727.948.000,- untuk pekerjaan rehabilitasi jalan yang meliputi kegiatan pemeliharaan beberapa ruas jalan yang tersebar di antaranya Jalan Mattirotasi, Jalan Bukit Madani, Jalan Industri Kecil, Jalan Manunggal, Jalan Laupe, dan Jalan Sapta Marga.

Berita Lainnya