sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Kukar sosialisasi implementasi kurikulum merdeka

Sosialisasi ini untuk pemenuhan kebutuhan anak untuk mendapatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas dan siap bersekolah.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Selasa, 16 Agst 2022 14:36 WIB
Pemkab Kukar sosialisasi implementasi kurikulum merdeka

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menggelar Sosialisasi Kesiapan Bersekolah Implementasi Kurikulum Merdeka Perbup No 16 tahun 2022 untuk para guru di Kecamatan Tenggarong, Tenggarong Seberang dan Loa Kulu, Senin (15/8).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar Tauhid Afrilian Noor menjelaskan sosialisasi ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan anak untuk mendapatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas dan siap bersekolah.

"Terkait kesiapan bersekolah serta membangun ekosistem pendidikan yang positif yang mendorong terjadinya transisi PAUD-SD yang baik," terangnya.

Tauhid menerangkan berdasarkan Perbup No59 tahun 2021 tentang pengembangan Holistik Interaktif Anak Usia Dini dan Perbup No 16 tahun 2022 tentang penyelenggaraan PAUD PraSD, PAUD tidak boleh mengajarkan calistung secara langsung. Bahkan, Larangan ini telah diberlakukan sejak 2009.

Sponsored

"Ada 3 hal yang ditekankan dalam surat edaran, yaitu Pendidikan di TK tidak diperkenankan mengajarkan materi Calistung secara langsung, pendidikan di TK tidak diperkenankan memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada anak didik dalam bentuk apapun dan setiap sekolah dasar (SD) wajib menerima peserta didik tanpa melalui tes masuk," katanya.

Berita Lainnya
×
tekid