sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kaji operasional Bus Rapid Transit, Pemkot Makassar bentuk tim kerja

Pemkot Makassar mengkaji sistem operasional bus rapid transit yang akan melengkapi layanan Teman Bus Trans Mamminasata.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Rabu, 18 Mei 2022 16:43 WIB
Kaji operasional Bus Rapid Transit, Pemkot Makassar bentuk tim kerja

Pemkot Makassar mengkaji sistem operasional bus rapid transit (BRT) yang akan melengkapi layanan Teman Bus Trans Mamminasata. Maka dari itu, Pemkot membentuk tim kerja yang terdiri dari Kepala Dinas Perhubungan, Staf Ahli, Kabag Kerjasama, Kepala Dinas Tataruang untuk menggarap BRT ini.

"Membuat sebuah program BRT mirip teman bus bedanya dia pakai mobil listrik atau mobil lain yang low carbon," ujar Wali Kota Makassar yang sering disapa Danny saat menerima kunjungan Tim European Investment Bank dan Giz Germany, Rabu (18/5).

Danny menjelaskan pihaknya menyambut baik rencana kerjasama Pemkot dan GIZ ini sebagai tanda bahwa Kota Makassar sangat mendukung dan siap menjalankan transportasi massal dengan konsep mobil listrik. Terlebih, BRT ini dapat dinilai sebagai bentuk inisiatif kota untuk pelayanan publik.

“Membuat sebuah program BRT mirip Teman Bus. Bedanya, Teman Bus inisiasi dari pusat. Maka kita anggap BRT ini inisiasi kota. Karena melayani Kota Makassar dulu dan kawasan Mamminasata nantinya,” imbuhnya.

Sponsored

Nantinya, Lanjut Danny, pihaknya akan menemui Gubernur Sulawesi Selatan untuk berkoordinasi mengenai konsep ini. Terlebih, ada tahapan yang perli dipersiapkan dan dilalui.

“Kalau Makassar kita sudah setuju dan siap. Tapi kalau mencakup wilayah Mamminasata harus ada ijin dari provinsi dan pusat. Tapi saya akan bertemu dengan pak Gubernur Sulsel untuk membicarakan konsep ini secara berkelanjutan,” pungkasnya.

Berita Lainnya
×
tekid