sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sunggono minta Pemkab Kukar dilibatkan dalam persiapan IKN

Sekda Kutai Kartanegara , Sunggono, meminta Kukar lebih diikutsertakan dalam persiapan Ibu Kota Negara.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Jumat, 29 Jul 2022 15:02 WIB
Sunggono minta Pemkab Kukar dilibatkan dalam persiapan IKN

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar), Sunggono, meminta Kukar lebih diikutsertakan dalam persiapan Ibu Kota Negara (IKN). Ia menilai Pemerintah Pusat hanya fokus pada Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan dan Samarinda terkait pembicaraan IKN.

"Padahal ada lima Kecamatan di Kukar yang akan lepas dan masuk dalam wilayah IKN," ujarnya saat menerima kunjungan Kemenko PMK RI Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kamis (28/7).

Sunggono menekankan masuknya lima kecamatan tersebut ke dalam wilayah IKN berpengaruh kepada besaran Dana Bagi Hasil (DBH) yang akan diterima Kukar. Hal ini dikarenakan berkurangnya luas wilayah dan jumlah penduduk.

"Jika Pemkab Kukar ditemui pemerintah pusat, sampai hari ini hanya diminta data-data saja. Tidak pernah dicari tahu dorongan apa yang diperlukan agar Kukar ini bisa setara dengan pembangunan IKN," imbuhnya.

Sponsored

Sunggono juga menyoroti pengajuan usulan Dana Aokasi Khusus (DAK) yang menurutnya miliki sistem terkunci. Maka dari itu, ia mempertanyakan perbedaan Kukar dengan daerah lainnya yang tidak menjadi wilayah IKN.

"Untuk apa Kukar ditetapkan IKN jika tak ada nilai tambah sama sekali untuk pembangunan dan mensejahterakan masyarakatnya. Pusat hanya lebih perhatian di Jawa saja, dan pusat lebih perhatian diri sendiri. Kukar ini seakan hanya dianggap objek bukan subjek pembangunan," tegasnya.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid