sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

AS peringati 19 tahun serangan teroris 9/11

Peristiwa 9/11 disebut sebagai serangan teroris terburuk dalam sejarah AS.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 12 Sep 2020 14:07 WIB
AS peringati 19 tahun serangan teroris 9/11
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 291182
Dirawat 61839
Meninggal 10856
Sembuh 218487

Para rival politik di Amerika Serikat menunjukkan momen persatuan ketika negara tersebut menandai peringatan 19 tahun serangan teroris pada 11 September 2001.

Calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, menyambut Wakil Presiden AS Mike Pence pada peringatan Ground Zero di New York.

Biden setelah itu melakukan perjalanan ke Shanksville Pennsylvania, tempat di mana situs peringatan Flight 93 berada, untuk memberi penghormatan kepada para korban jiwa.

Presiden Donald Trump berbicara di sana sebelumnya pada Jumat (11/9). Namun, Biden dan Trump tidak bertemu karena jadwal mereka tidak tumpang tindih.

Bersama dengan Ibu Negara Melania, Presiden Trump menghadiri ibadah pagi hari di tugu peringatan Shanksville, tempat di mana Flight 93 jatuh setelah 40 penumpang dan awaknya mencegah pembajak Al-Qaeda mencapai Gedung Capitol.

"Kepada anggota keluarga Flight 93, hari ini setiap detak jantung warga AS terikat dengan Anda," kata Trump. "Penderitaan dan kesedihanmu adalah duka bersama yang dirasakan seluruh bangsa ini," tambah dia.

Lebih lanjut, Trump menyatakan, "Kenangan orang-orang terkasih yang Anda cintai akan menginspirasi bangsa ini hingga masa yang akan datang. Para pahlawan dalam Flight 93 adalah pengingat abadi bahwa tidak peduli bahayanya, tidak peduli ancamannya, tidak peduli kemungkinannya, AS akan selalu bangkit, berdiri tegak, dan melawan."

Sementara itu, Biden dan istrinya Jill, menghadiri upacara peringatan di museum 9/11 di New York City.

Sponsored

Mereka pergi ke Shanksville pada sore hari untuk mengunjungi tugu peringatan yang sama dengan Trump. Biden terlihat menyapa anggota keluarga dari mereka yang tewas dalam serangan itu.

Dia dan istrinya juga meletakkan karangan bunga di tugu peringatan tersebut.

Biden mengatakan kepada wartawan pada Jumat bahwa dia tidak akan melakukan kampanye politik dan dia hanya akan berbicara tentang 9/11.

"Tim kampanye saya telah menarik semua iklan politik, ini adalah hari yang penting," katanya.

Biden kemudian menyapa Wapres Pence di situs World Trade Center di New York, mereka saling menyentuh siku sebagai pengganti jabat tangan untuk menaati protokol Covid-19.

Pence menyampaikan pidato singkat di New York City dan membaca sejumlah ayat dari Alkitab, mengatakan, "Saya berharap kata-kata ini dapat menghibur hati Anda dan hati kita semua."

Gubernur New York Andrew Cuomo juga bergabung dengan Pence dan Biden pada upacara peringatan.

Lebih dari 2.900 orang tewas ketika empat pesawat yang dibajak teroris menabrakkan diri ke World Trade Center di New York, Pentagon dan sebuah lapangan di Shanksville.

Serangan 9/11 adalah serangkaian dari empat serangan terkoordinasi di AS oleh kelompok teroris, al-Qaeda.

Selain 3.000 orang tewas pada 11 September 2001, sekitar 400.000 orang terluka atau terpapar kontaminan lain setelah serangan. Ratusan pekerja darurat dan penyintas telah meninggal selama bertahun-tahun setelahnya karena penyakit terkait, seperti kanker.

Peristiwa 9/11 disebut sebagai serangan teroris terburuk dalam sejarah AS.

Beberapa minggu setelah serangan itu, AS mengirim pasukan ke Afghanistan untuk memerangi Al-Qaeda. Apa yang disebut 'Perang Melawan Teror' telah berlangsung selama beberapa dekade dan intervensi Negeri Paman Sam di Timur Tengah terus menjadi salah satu fokus kebijakan luar negeri AS.
 

Sumber : BBC

Berita Lainnya

, : WIB

, : WIB

, : WIB