sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Curi masker, TKI di Hong Kong dipenjara 1 bulan

Hakim telah menjatuhkan hukuman penjara satu bulan bagi TKI tersebut.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 21 Feb 2020 16:02 WIB
Curi masker, TKI di Hong Kong dipenjara 1 bulan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2956
Dirawat 2494
Meninggal 240
Sembuh 222

Konsul Jenderal KJRI Hong Kong Ricky Suhendar mengonfirmasi bahwa seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Masriki terbukti bersalah mencuri masker di daerah Causeway Bay. Hakim telah menjatuhkan hukuman penjara satu bulan bagi TKI tersebut.

"Selain itu, yang bersangkutan diperintahkan untuk mengembalikan uang sebesar 12.000 HKD atau setara dengan Rp21 juta yang merupakan hasil penjualan masker curiannya," tutur Ricky saat dihubungi Alinea.id pada Jumat (21/2).

Ricky menyebut, KJRI Hong Kong memonitor kasus ini secara dekat dan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk memastikan bahwa yang bersangkutan mendapat penerjemah dan penasihat hukum selama proses persidangan.

"Berdasarkan pantauan KJRI Hong Kong, yang bersangkutan telah mengakui perbuatannya dan menjalani proses hukum yang adil," lanjut dia.

Sponsored

Ricky menegaskan, tindakan Masriki sangat tidak terpuji, terutama di tengah-tengah kesulitan yang dialami masyarakat Hong Kong saat ini. Hingga kini, pihak KJRI belum dapat mengunjunginya karena semua lembaga masyarakat, termasuk penjara, sedang diisolasi sebagai upaya mencegah penyebaran wabah coronavirus jenis baru.

Menyikapi kasus tersebut, Ricky mengimbau agar para WNI yang berada di Hong Kong menghormati aturan hukum yang berlaku demi terhindar dari permasalahan hukum.

Bau busuk kejar tayang revisi KUHP

Bau busuk kejar tayang revisi KUHP

Rabu, 08 Apr 2020 17:05 WIB
Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Rabu, 08 Apr 2020 11:36 WIB
Berita Lainnya