sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dokter sebut Trump akan kembali ke publik lagi Sabtu

Conley masih belum menyatakan, kapan terakhir kali hasil tes Trump menunjukkan bahwa dia negatif Covid-19.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 09 Okt 2020 13:27 WIB
Dokter sebut Trump akan kembali ke publik lagi Sabtu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Dokter Presiden Donald Trump mengatakan, sang Presiden telah menyelesaikan sejumlah perawatan untuk Covid-19. Dia mengharapkan, Trump untuk kembali ke publik pada Sabtu (10/10).

"Sabtu akan menjadi hari ke-10 sejak diagnosis pada Kamis dan berdasarkan pemeriksaan lanjutan yang dilakukan tim medis, saya sepenuhnya mengantisipasi Presiden Trump untuk kembali terlibat dalam acara publik pada saat itu," tutur dokter kepresidenan, Sean Conley, dalam pernyataan yang dirilis Gedung Putih, pada Kamis (8/10) malam.

Dalam pernyataan tersebut, Conley masih belum menyatakan kapan terakhir kali hasil tes Trump menunjukkan bahwa dia negatif Covid-19.

Selama wawancara dengan Fox News pada Kamis, Trump menolak untuk menjawab apakah dia terbukti negatif Covid-19 serta kapan terakhir kali dia menjalankan tes Covid-19. 

Alih-alih menjawab, dia justru menyatakan, ingin menggelar kampanye akhir pekan ini. "Sepertinya, saya akan mencoba melakukan rapat umum pada Sabtu malam jika tim saya bisa. Saya ingin melakukan rapat umum di Florida pada Sabtu malam," kata Trump.

Dalam wawancara yang berbeda, Presiden Trump menyatakan, bahwa dirinya yakin dia sudah tidak memiliki gejala menular dan dia siap untuk melanjutkan kampanye Pilpres 2020.

Trump kemudian mengatakan, bahwa dia sudah kebal tertular Covid-19.

Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menuturkan, orang yang terinfeksi Covid-19 perlu menunggu setidaknya 10 hari setelah gejala mereka pertama kali muncul sebelum berada di sekitar orang lain dan harus bebas demam selama 24 jam tanpa minum obat penurun demam.

Sponsored

Trump dinyatakan positif pada Kamis (1/10) malam. Berdasarkan pedoman CDC, Trump seharusnya tetap berada dalam isolasi, bukan berkampanye. Namun, hanya dua hari setelah keluar dari rumah sakit, dia terlihat kembali bekerja di Gedung Putih.

Menanggapi kritikan terhadapnya, Trump mengatakan bahwa dia yakin tidak akan menularkan virus kepada siapa pun di Gedung Putih.

"Saya rasa, saya sama sekali tidak akan menularkan apa pun," katanya.

Trump juga mengklaim dia kini memiliki kekebalan terhadap coronavirus jenis baru. Meski begitu, Trump dilaporkan terdengar serak dalam wawancara pada Kamis pagi, tetapi dia bersikeras bahwa kondisinya lebih baik dari biasanya dan siap untuk melanjutkan jadwal kampanyenya.

"Kondisi saya sudah jauh lebih baik dan sudah mencapai titik di mana saya ingin melakukan rapat umum malam ini," ujar dia. (CNN)

Berita Lainnya