sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Israel luncurkan serangan udara baru di Gaza

Serangan itu merupakan tanggapan atas balon-balon api yang diluncurkan dari arah Palestina selama tiga hari berturut-turut.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 18 Jun 2021 17:37 WIB
Israel luncurkan serangan udara baru di Gaza

Israel telah meluncurkan serangan udara di Jalur Gaza untuk kedua kalinya sejak gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran selama 11 hari pada akhir Mei.

Serangan pada Kamis (17/6) malam waktu setempat terjadi setelah gerilyawan Palestina di perbatasan meluncurkan balon api ke Israel untuk hari ketiga berturut-turut. Balon berisi helium murah, perangkat dasar yang dimaksudkan untuk membakar lahan pertanian dan semak-semak di sekitar Jalur Gaza.

Palestina mulai meluncurkan balon-balon tersebut pada awal pekan ini setelah Israel mengizinkan pawai oleh nasionalis Yahudi sayap kanan, beberapa dari mereka meneriakkan "Death to Arabs".

Tidak ada laporan langsung tentang korban dari serangan pada Kamis malam. Israel juga melakukan serangan udara pada Rabu (16/6) pagi, menargetkan apa yang dikatakan sebagai "fasilitas Hamas", tanpa membunuh atau melukai siapa pun.

Militer Israel menyatakan bahwa jet tempur mereka menyerang komplek militer dan situs peluncuran roket milik Hamas, kelompok militan yang berkuasa di Jalur Gaza.

Selain itu, pihak militer juga menuturkan bahwa serangan pada Kamis malam merupakan tanggapan terhadap balon api dari pihak Palestina. 

Rekaman kamera pengintai yang diperoleh Associated Press menunjukkan apa yang tampak seperti tembakan senapan mesin berat ke udara dari arah Jalur Gaza, kemungkinan upaya militan Palestina untuk menembak jatuh pesawat. 

Sementara itu, rekaman lain menunjukkan proyektil ditembakkan dari Jalur Gaza, tetapi tidak jelas jenis apa atau di mana mereka mendarat.

Sponsored

Ketegangan antara kedua pihak tetap tinggi sejak gencatan senjata disepakati demi menghentikan konflik pada 21 Mei.

Menurut pihak berwenang di Jalur Gaza, konflik tersebut menewaskan 260 warga Palestina termasuk beberapa anggota Hamas. Sementara itu, di Israel, 13 orang tewas akibat roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza.

Serangan udara minggu ini di Gaza adalah yang pertama di bawah pemerintahan baru Israel yang dipimpin oleh Perdana Menteri Naftali Bennett. 

Sumber : The Guardian

Berita Lainnya

35% Masyarakat Indonesia Telah Divaksin Covid-19

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Komisi III DPR RI Sepakati 7 Calon Hakim Agung

Selasa, 21 Sep 2021 11:45 WIB

BenQ resmi luncurkan MOBIUZ EX3415R

Selasa, 21 Sep 2021 12:15 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB