sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menkes Israel dan istri positif Covid-19

Israel memiliki lebih dari 6.000 kasus Covid-19. Dari jumlah itu, 26 orang dilaporkan meninggal hingga Rabu (1/4).

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Kamis, 02 Apr 2020 14:39 WIB
Menkes Israel dan istri positif Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 516.753
Dirawat 66.752
Meninggal 16.352
Sembuh 433.649

Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman (71) dan istrinya Chava positif Covid-19 setelah menjalani tes. Pasangan itu disebut dalam kondisi baik.

Litzman adalah pejabat Israel paling senior yang didiagnosis coronavirus jenis baru.

"Pasangan tersebut dirawat dengan baik dan dalam isolasi, di bawah observasi sesuai dengan pedoman Kementerian Kesehatan," sebut pernyataan kantor Litzman yang dirilis pada Rabu (1/4) tengah malam. 

Semua orang yang telah melakukan kontak dengan pasangan itu akan diinformasikan dan dikirim ke tempat karantina.

Menurut pernyataan yang sama, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah diberitahu tentang perkembangan ini. Netanyahu sendiri saat ini tengah menjalani karantina menyusul seorang stafnya positif Covid-19.

Litzman kini akan melanjutkan rutinitas normalnya dari rumah, sesuai dengan perintah dokter.

Rabu malam menandai 14 hari sejak Netanyahu bertemu terakhir kalinya dengan penasihatnya Rivka Paluch. Netanyahu beserta keluarga dan sejumlah penasihatnya telah diuji Covid-19 pada Senin (30/3) dan hasilnya negatif.

Litzman telah memainkan peran penting dalam menangani pandemik, di mana dia menghadiri pertemuan-pertemuan penting yang juga dihadiri Netanyahu. Namun, selama rapat, Netanyahu disebut tetap menerapkan social distancing.
 
Di lain sisi, sosok Litzman yang berasal dari partai ultra-ortodoks United Torah Judaism dikritik atas penanganannya terhadap pandemik Covid-19. Beberapa menuduhnya telah menempatkan kepentingan komunitas ultra-ortodoks di atas masyarakat umum dalam masa krisis ini.

Sponsored

Litzman dilaporkan mendorong penundaan pembatasan ketat pada pertemuan publik yang akan memengaruhi perayaan Purim bulan lalu. Selain itu, dia disebut juga menentang penutupan sinagoge pekan lalu. 

Sekelompok pejabat medis senior di rumah sakit-rumah sakit besar telah menulis surat kepada Netanyahu yang isinya mendesak dia menunjuk seorang profesional sebagai menteri kesehatan.

Hingga berita ini diturunkan, Israel memiliki lebih dari 6.000 kasus Covid-19. Dari jumlah itu, 26 orang dilaporkan meninggal hingga Rabu, dan lebih dari 200 orang sembuh.

Di bawah perintah Kementerian Kesehatan, puluhan ribu warga Israel melakukan karantina mandiri menyusul kemungkinan terpapar coronavirus jenis baru. Israel nyaris menerapkan lockdown atau karantina wilayah total, di mana masyarakat hanya diizinkan keluar untuk membeli kebutuhan pokok. (The Times of Israel)

Berita Lainnya