logo alinea.id logo alinea.id

Pekerja mogok, penerbangan dari dan ke Belgia batal selama 24 jam

Aksi mogok nasional dipicu perselisihan mengenai pertumbuhan upah, yang dibatasi hingga 0,8% untuk dua tahun ke depan.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 13 Feb 2019 19:10 WIB
Pekerja mogok, penerbangan dari dan ke Belgia batal selama 24 jam

Seluruh penerbangan masuk dan keluar dari Belgia dibatalkan pada Rabu (13/2) waktu setempat menyusul aksi mogok. Pengumuman tersebut disampaikan oleh pemandu lalu lintas negara itu.

Pembatalan dimulai pada pukul 22.00 pada Selasa (12/2) malam dan akan berlangsung selama 24 jam.

Badan lalu lintas udara, Skeyes, mengatakan bahwa tidak ada kepastian tentang jumlah staf yang bertugas di sejumlah pos penting. 

"Satu-satunya pilihan yang tersisa adalah tidak mengizinkan adanya lalu lintas udara," sebut pihak Skeyes.

Aksi mogok nasional merupakan seruan dari tiga federasi serikat pekerja utama.

Badan itu mengatakan tanggung jawabnya adalah untuk menjamin keselamatan dan itu tidak dapat dilakukan mengingat ketidakpastian yang besar di sejumlah pos penting karena para pekerja tidak harus mengungkapkan di awal apakah mereka akan masuk atau tidak selama aksi mogok berlangsung.

Layanan pelacakan penerbangan FlightRadar24 mentwit gambar yang menunjukkan jalur penerbangan dari beberapa pesawat mengambil jalan memutar di seluruh negara setelah pembatalan dimulai.

Sponsored
— Flightradar24 (@flightradar24) 12 February 2019

Beberapa bandara telah mengambil keputusan untuk tutup. Juru bicara Bandara Brussels South mengatakan mereka tidak punya alternatif. Dia mengatakan aksi mogok tidak pernah memiliki dampak yang signifikan.

Di atas 24.600 kaki, penerbangan dikoordinasikan dengan bantuan organisasi kontrol lalu lintas udara Eurocontrol. Jadwal penerbangan pemerintah dan militer tidak akan terpengaruh.

Warga Belgia juga menghadapi gangguan yang meluas ke angkutan umum di darat. Broadcaster VRT melaporkan bahwa hanya setengah dari kereta yang dijadwalkan akan beroperasi.

Layanan Eurostar antara Brussels dan London atau Paris diperkirakan akan berjalan, tetapi penumpang yang menuju Lille atau Calais akan menghadapi gangguan.

Banyak maskapai penerbangan yang telah membatalkan atau menjadwal ulang penerbangan dari beberapa gangguan yang diperkirakan terjadi selama mogok.

Hari mogok nasional, demikian yang disebut oleh tiga federasi serikat pekerja utama Belgia, terjadi menyusul perselisihan mengenai pertumbuhan upah, yang dibatasi hingga 0,8% untuk dua tahun ke depan.

Serikat pekerja menyerukan peningkatan upah, tunjangan dan pensiun untuk apa yang mereka yakini sebagai tingkat kehidupan yang wajar, serta peningkatan keseimbangan antara kerja dan kehidupan.

Sumber : BBC