sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Telepon Trump, Raja Salman inginkan solusi adil untuk Palestina

Raja Salman hargai upaya AS untuk mendukung perdamaian Palestina.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 07 Sep 2020 19:52 WIB
Telepon Trump, Raja Salman inginkan solusi adil untuk Palestina
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 266845
Dirawat 60431
Meninggal 10218
Sembuh 196196

Melalui sambungan telepon, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menyampaikan kepada Presiden Donald Trump bahwa Saudi sangat ingin mencapai solusi yang adil dan permanen terkait konflik Palestina.

Menurut Saudi Press Agency pada Senin (7/9), pempincaraan kedua pemimpin tersebut menyusul kesepakatan bersejarah yang ditengahi AS bulan lalu, di mana Uni Emirat Arab (UEA) setuju untuk menormalkan hubungan dengan Israel.

Sebelumnya, Mesir dan Yordania juga sepakat untuk mengambil langkah serupa.

Kepada Presiden Amerika Serikat tersebut, Raja Salman mengaku menghargai upaya AS untuk mendukung perdamaian. Arab Saudi, jelas dia, ingin melihat solusi yang adil dan permanen untuk masalah Palestina berdasarkan Inisiatif Perdamaian Arab yang diusulkan oleh Saudi pada 2002.

Sponsored

Di bawah proposal tersebut, Saudi menyatakan bahwa negara-negara Arab akan menormalkan hubungan dengan Israel dengan imbalan penarikan penuh Israel dari wilayah yang dicaplok pada Perang Enam Hari pada 1967. Selain itu, Riyadh menekankan bahwa Palestina harus diakui sebagai negara yang merdeka.

Putra Raja Salman, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner telah membahas perlunya Palestina dan Israel melanjutkan negosiasi dan mencapai perdamaian abadi setelah Kushner mengunjungi UEA bulan lalu. Namun, kesepakatan UEA-Israel menuai kecaman keras dari pihak Palestina. (The Guardian)

Berita Lainnya
×
img