sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Trump disebut minta bantuan China untuk menangkan Pilpres 2020

Perselisihan meningkat pada Selasa (16/6), setelah pemerintahan Trump menghadap pengadilan untuk mencoba menyita hasil penjualan buku.

Valerie Dante
Valerie Dante Kamis, 18 Jun 2020 15:31 WIB
Trump disebut minta bantuan China untuk menangkan Pilpres 2020
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 78572
Dirawat 37226
Meninggal 3710
Sembuh 37636

Eks Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat John Bolton menuduh mantan bosnya, Presiden Donald Trump, secara pribadi meminta Presiden China Xi Jinping untuk membantunya memenangkan Pilpres 2020.

Tuduhan tersebut dilontarkan Bolton dalam buku barunya, "In the Room Where it Happened" yang telah diperoleh sejumlah media AS pada Rabu (17/6).

Bolton juga mengklaim, pada tahun lalu, ketika Xi mengatakan kepada Trump bahwa China sedang membangun kamp konsentrasi untuk penahanan massal muslim di Uighur, Trump mendukung langkah tersebut.

Dalam pertemuan bilateral lain dalam KTT G20 tahun lalu di Osaka, Bolton menyebut bahwa Trump tiba-tiba mengungkit Pilpres AS mendatang.

Presiden Trump sendiri telah secara terbuka membantah segala tuduhan yang dilayangkan kepadanya.

"Bolton pembohong. Semua orang di Gedung Putih membencinya," kata Trump pada Rabu.

Kemudian dalam wawancara terpisah dengan Fox News, Trump menyebut bahwa Bolton telah mengungkapkan informasi pemerintah yang bersifat rahasia.

"Dia tidak mendapat persetujuan untuk melakukan itu," sambung Trump.

Sponsored

Buku tersebut telah menjadi subjek pertentangan hukum selama berbulan-bulan antara Gedung Putih dan Bolton.

Perselisihan meningkat pada Selasa (16/6), setelah pemerintahan Trump menghadap pengadilan untuk mencoba menyita hasil penjualan buku tersebut. Menurut Gedung Putih, Bolton telah mengancam keamanan nasional dengan mengekspos informasi-informasi rahasia.
 

Sumber : CNN

Berita Lainnya