sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Vaksin Covid-19 untuk anak di AS tersedia November

Sekitar 28 juta anak di Amerika Serikat pemenuhi syarat menerima vaksin Covid-19.

Sita Aisha Ananda
Sita Aisha Ananda Selasa, 26 Okt 2021 10:14 WIB
Vaksin Covid-19 untuk anak di AS tersedia November

Pakar penyakit menular, Anthony Fauci, pada Minggu (24/10) mengatakan, vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia antara 5 dan 11 tahun kemungkinan tersedia pada paruh pertama November mendatang.

"Jika semuanya berjalan dengan baik, dan kami mendapatkan persetujuan peraturan dan rekomendasi dari CDC, sangat mungkin vaksin akan tersedia untuk anak-anak dari usia 5 hingga 11 tahun dalam minggu pertama atau kedua November," kata Fauci dalam wawancara dengan ABC's This Week.

Pejabat Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) saat ini sedang meninjau aplikasi Pfizer/BioNTech. Sedangkan Penasihat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS akan mempertimbangkan rekomendasi untuk vaksin pada pertemuan 2 November dan 3 November mendatang, dan membantu menginformasikan keputusan akhir oleh direkturnya.

"Setelah mereka (FDA) dapat meninjau semua ilmu pengetahuan dan melakukan tindakan regulasi dan CDC akan bertemu, dan jika semua itu berjalan lancar kami akan bertindak cepat. Kami tahu berapa banyak orang tua yang tertarik untuk memvaksinasi anak-anak mereka antara usia 5 dan 11 tahun dan kami bermaksud untuk bertindak secepat mungkin," kata Direktur CDC Rochelle Walensky saat berada di Fox News Sunday.

Sponsored

Setelah disahkan, sekitar 28 juta anak di Amerika Serikat akan memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19 pertama. Bidikan Pfizer/BioNTech sudah tersedia untuk mereka yang berusia 12-17 tahun, dan perusahaan masih mempelajarinya untuk anak-anak di bawah 5 tahun.

Di sisi lain, Moderna mengatakan pada Senin (25/10) bahwa vaksin buatannya menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada anak-anak berusia enam hingga 11 tahun dan berencana untuk segera mengirimkan data ke regulator global.

Pihak Moderna mengatakan, vaksin dua dosisnya menghasilkan antibodi penetral virus pada anak- anak dan keamanannya sebanding dengan apa yang sebelumnya terlihat dalam uji klinis remaja dan orang dewasa. Namun, masih belum jelas kapan regulator AS akan mempertimbangkan vaksin tersebut untuk anak-anak.

Sumber : Reuters

Berita Lainnya