sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

WHO berharap 2 miliar vaksin Covid-19 tersedia akhir 2021

Banyak vaksin potensial yang saat ini sedang diuji, WHO berharap setidaknya beberapa dari mereka terbukti siap untuk digunakan pada 2021.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 19 Jun 2020 12:54 WIB
WHO berharap 2 miliar vaksin Covid-19 tersedia akhir 2021
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 72347
Dirawat 35349
Meninggal 3469
Sembuh 33529

Kepala ilmuwan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Soumya Swaminathan, mengatakan, badan itu berhadap akan ada sekitar dua miliar dosis vaksin Covid-19 yang dapat tersedia pada akhir tahun depan.

"Tentu ini sebatas kemungkinan dan harapan, karena sejauh ini kita belum memiliki vaksin yang terbukti efektif menyembuhkan Covid-19," tutur Swaminathan dalam sebuah konferensi pers virtual pada Kamis (18/6).

Dia mengatakan, banyak vaksin potensial yang saat ini sedang diuji, WHO berharap setidaknya beberapa dari mereka terbukti siap untuk digunakan pada 2021.

Menurut Swamintahan, WHO merekomendasikan untuk terlebih dahulu mengimunisasi orang-orang yang berisiko, termasuk orang tua dan mereka yang memiliki kondisi mendasar seperti diabetes atau penyakit pernapasan.

Sponsored

Namun, Swaminathan menyatakan sejauh ini, masih belum ada strategi mengenai kemungkinan distribusi global vaksin coronavirus jenis baru.

"WHO akan mengusulkan solusi terkait hal tersebut," kata dia. "Negara-negara perlu setuju dan mencapai konsensus mengenai distribusi global. Itulah satu-satunya cara ini bisa berhasil," tambah dia

Sejumlah negara maju termasuk Inggris, Prancis, Belanda, Jerman, dan Amerika Serikat secara terpisah telah mencapai kesepakatan dengan berbagai perusahaan farmasi untuk mengamankan pasokan vaksin bagi warga mereka terlebih dahulu. (The Mainichi)

Berita Lainnya