sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

WHO kirim tim ke China untuk investigasi Covid-19

Ini langkah kedua sejak pertama kali dilakukan pada Januari 2020.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 30 Jun 2020 13:31 WIB
WHO kirim tim ke China untuk investigasi Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 262022
Dirawat 60064
Meninggal 10105
Sembuh 191853

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengirim tim ke China sebagai bagian dari upaya menyelidiki asal-usul pandemi coronavirus baru (Covid-19), pekan depan.

"Mengetahui sumber virus sangat penting," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. "Kita bisa melawan virus dengan lebih efektif ketika kita mengetahui segala sesuatu tentangnya, termasuk bagaimana virus itu bisa lahir."

Dirinya tidak memerinci lebih lanjut mengenai siapa saja yang akan WHO kirim ke China.

Para ilmuwan berspekulasi, SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, ditularkan dari hewan ke manusia dan kemungkinan besar lahir di sebuah pasar di Wuhan, akhir 2019.

Namun, baru-baru ini jejak virus juga ditemukan di Prancis dan Italia. Sementara itu, para peneliti menemukan sampel positif Covid-19 dalam air limbah di Spanyol, Maret 2019.

Ini akan menjadi yang kedua kalinya WHO mengirim tim ke China. Pada Januari 2020, organisasi tersebut mengirim sejumlah pejabat kesehatan ke "Negeri Tirai Bambu" untuk mempelajari cara negara itu menanggapi klaster-klaster infeksi.

Tedros menilai, Covid-19 telah memicu hal-hal baik seperti aksi solidaritas dan gotong-royong antarnegara, tetapi juga menimbulkan dampak negatif seperti disinformasi dan politisasi isu pandemi.

Kasus infeksi Covid-19 global telah melampaui 10 juta dengan fatalitas melebihi 500.000. WHO mendesak negara-negara berupaya sekuat mungkin untuk menyelamatkan nyawa.

Sponsored

"Meskipun banyak negara telah membuat beberapa kemajuan, secara global, pandemi ini sedang meningkat," lanjut Tedros. (CGTN dan Reuters)

Berita Lainnya
×
img