sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Awak media diedukasi paham tuberkulosis dengan latihan

YPJ merupakan organisasi yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan hak atas kesehatan.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 02 Jun 2022 21:16 WIB
Awak media diedukasi paham tuberkulosis dengan latihan

Yayasan Pesona Jakarta (YPJ) bersama Stop TB Partnership Indonesia (STPI) menggelar pelatihan menulis untuk para editor media massa mengenai strategi tuberkulosis (TB). Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari pada Kamis 19 Mei hingga Sabtu 21 Mei 2022 di Bandung.

YPJ merupakan organisasi yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pemenuhan hak atas kesehatan, khususnya kesehatan seksual dan reproduksi, spesifiknya pencegahan dan penanganan TB, IMS, HIV, dan AIDS. Sedangkan STPI ialah wadah kerja sama dan koordinasi antarmitra organisasi maupun individu peduli TBC serta antara para mitra dan pemerintah Indonesia.

Peserta pelatihan sebanyak 30 orang terdiri para pemimpin redaksi dan editor dari berbagai media massa di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Kegiatan ini juga dihadiri Dinas Kesehatan Jabar dan DKI.

Diketahui, tuberkulosis masih menjadi penyakit nomor satu dengan jumlah penderita terbanyak di Indonesia. TB berupa suatu penyakit bakteri menular yang berpotensi serius, terutama mempengaruhi paru-paru.

Upaya menanggulangi sekaligus menjadikan 'Indonesia Bebas TB' terus dilakukan pemerintah. Antara lain dengan pencanangan program Eliminasi TB 2030 dan Zero TB 2050. Salah satu upaya tersebut dengan cara melakukan edukasi secara masif kepada masyarakat.

"Perilaku sehat akan menjadi penyumbang yang signifikan untuk mencegah penularan tuberkulosis atau TBC," kata Dokter Rosvita Nur Aini dari Dinkes DKI, salah seorang narasumber pelatihan, dikutip dari Elbait TV, Selasa (24/5).

Karena itu, disarankannya agar tetap memakai masker sewaktu batuk dan bersin. Serta melakukan imunisasi BCG kepada bayi usia 0-2 bulan. Selalu mengasup makanan bergizi dan tidak meludah di sembarang tempat.

Perwakilan YPJ menyatakan, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas jurnalis dalam menulis pemberitaan terkait tuberkulosis.  

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid