sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Investigasi Harvard membongkar medsos sebagai tapal baru penipuan dan penyangkalan iklim

Para peneliti menggunakan metode ilmu sosial yang mapan untuk melacak aktivitas media sosial merek dan menganalisis gambar dan teks.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Selasa, 27 Sep 2022 14:02 WIB
 Investigasi Harvard membongkar medsos sebagai tapal baru penipuan dan penyangkalan iklim

Investigasi Universitas Harvard terbaru yang ditugaskan oleh Greenpeace Belanda, mengungkapkan penggunaan greenwashing (citra palsu ramah lingkungan) dan tokenisme yang merajalela oleh merek mobil terbesar, maskapai penerbangan, dan perusahaan minyak dan gas di Eropa untuk mengeksploitasi kekhawatiran masyarakat tentang lingkungan dan menyebarkan disinformasi secara daring.

Laporan, Three shades of green(washing), adalah penilaian paling menyeluruh dari greenwashing baru-baru ini oleh minat bahan bakar fosil di Twitter, Instagram, Facebook, TikTok, dan YouTube.

Para peneliti menggunakan metode ilmu sosial yang mapan untuk melacak aktivitas media sosial merek dan menganalisis gambar dan teks di postingan perusahaan.

Pemimpin kampanye Greenpeace Amina Adebisi Odofin, berkata: “Laporan ini menunjukkan bahwa banyak dari perusahaan-perusahaan ini mencurahkan lebih banyak waktu tayang online untuk olahraga, tujuan baik, dan mode daripada untuk operasi berbahan bakar fosil bernilai miliaran dolar. Olahraga yang jelas dan cuci tangan ini meningkatkan penjualan produk perusak iklim, serta memicu konflik internasional dan pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia. Jika kita serius menangani krisis iklim, kita memerlukan larangan iklan fosil.”

Temuan mencakup bahwa hanya satu dari lima iklan mobil "hijau" yang menjual produk, sisanya berfungsi terutama untuk menampilkan merek sebagai hijau. Satu dari lima pos perusahaan minyak, mobil, dan maskapai penerbangan menggunakan bantalan olahraga, mode, dan sosial -- secara kolektif disebut 'penyesatan' -- untuk mengalihkan perhatian dari peran dan tanggung jawab bisnis inti perusahaan. Berbagai perusahaan memanfaatkan citra alam, presentasi wanita, orang non-biner yang menampilkan non-kaukasia, pemuda, pakar, olahragawan, dan selebritas untuk memperkuat pesan greenwashing dan penyesatan.

Dua pertiga (67%) dari postingan medsos perusahaan minyak, mobil, dan maskapai penerbangan melukiskan "inovasi hijau" pada operasi bisnis mereka, yang oleh penulis diidentifikasi untuk mewakili berbagai jenis dan tingkat greenwashing. Merek mobil jauh lebih proaktif di media sosial daripada maskapai penerbangan dan perusahaan minyak, rata-rata menghasilkan dua kali lipat output maskapai penerbangan dan empat kali lipat dari perusahaan minyak dan gas. Hanya segelintir postingan yang membuat referensi eksplisit tentang perubahan iklim, terlepas dari rekor musim panas di Eropa.

Geoffrey Supran, Mitra Peneliti di Departemen Sejarah Sains di Universitas Harvard dan penulis utama penelitian, mengatakan: “Media sosial adalah tapal batas baru penipuan dan penundaan iklim. Hasil kami menunjukkan bahwa, ketika Eropa mengalami musim panas terpanas dalam catatan, beberapa perusahaan yang paling bertanggung jawab atas pemanasan global tetap bungkam di medsos tentang krisis iklim, sebagai gantinya memilih untuk menggunakan bahasa dan citra untuk secara strategis memposisikan diri mereka sebagai hijau, inovatif, merek amal.”

Laporan tersebut menegaskan bahwa medsos adalah batas baru dari disinformasi dan penipuan iklim, yang memungkinkan kepentingan bahan bakar fosil untuk terlibat dalam apa yang disebut para peneliti sebagai "posisi merek strategis". Ini adalah evolusi dari taktik urusan publik yang digunakan oleh industri tembakau, yang berhasil memblokir regulasi produk mematikannya selama beberapa dekade.

Sponsored

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, António Guterres, berbicara kepada para pemimpin dunia di Majelis Umum PBB, menyerukan pengawasan yang lebih ketat pada "mesin hubungan masyarakat besar-besaran industri bahan bakar fosil yang mengumpulkan miliaran untuk melindungi industri bahan bakar fosil" dan membandingkannya dengan pelobi dan spin doctor industri tembakau yang berhasil memblokir regulasi produk mematikannya selama beberapa dekade. Greenpeace dan 40 organisasi lainnya mendorong petisi European Citizens' Initiative (ECI), menyerukan undang-undang baru seperti tembakau yang melarang iklan dan sponsor bahan bakar fosil di Uni Eropa.

Silvia Pastorelli, juru kampanye iklim dan energi Uni Eropa, mengatakan: “Salah satu temuan kami yang paling mengejutkan adalah bahwa industri minyak, mobil, dan penerbangan Eropa secara halus namun sistematis menggunakan keindahan alam dalam konten media sosial mereka untuk 'menghijaukan' citra publik mereka. Merek mobil khususnya, jauh lebih proaktif di media sosial daripada maskapai penerbangan dan perusahaan minyak. Ini berarti bahwa pembuat mobil memainkan peran yang jauh lebih besar dalam membentuk narasi publik tentang iklim, bahan bakar fosil, dan transisi energi. Teknik urusan publik yang meresap dan kuat ini telah bersembunyi di depan mata, dan itu menuntut pengawasan yang lebih besar. Ini adalah upaya pembersihan hijau sistematis yang harus ditangani dengan larangan hukum pada semua iklan dan sponsor bahan bakar fosil di seluruh Eropa, seperti yang terjadi dengan tembakau.”

Tahun lalu, Greenpeace EU dan 40 organisasi lainnya meluncurkan petisi European Citizens' Initiative (ECI) yang menyerukan undang-undang baru seperti tembakau yang melarang iklan dan sponsor bahan bakar fosil di Uni Eropa.

Untuk pertama kalinya tahun ini, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) mengidentifikasi peran hubungan masyarakat dan periklanan dalam memicu krisis iklim, sementara ratusan ilmuwan menandatangani surat yang menyerukan hubungan masyarakat dan biro iklan untuk berhenti bekerja dengan bahan bakar fosil. perusahaan dan menyebarkan disinformasi iklim.(miragenews)

Berita Lainnya
×
tekid