sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wartawan Al Jazeera ditangkap di bandara Kairo

Selama beberapa tahun Mesir dinobatkan sebagai salah satu pemenjara jurnalis top dunia.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 06 Agst 2021 00:08 WIB
  Wartawan Al Jazeera ditangkap di bandara Kairo

Seorang jurnalis Al Jazeera telah ditangkap di bandara Kairo setelah terbang dari Doha untuk mengunjungi keluarganya.

Rabee Al-Shaykh, seorang produser untuk saluran Mubasher Al Jazeera, diamankan ke Badan Keamanan Nasional Mesir dan diinterogasi selama beberapa jam setelah ditangkap pada Minggu (2/8).

Al-Shaykh ditahan atas perintah dari Jaksa Keamanan Negara dan dituduh menyebarkan "berita palsu", setelah sebuah rekaman bocoran beredar di mana ia meminta seorang kolumnis Mesir untuk berbicara tentang krisis Bendungan Renaissance, lapor MEE.

Bendungan Renaissance adalah masalah sensitif di Mesir dan warga telah meminta Presiden Abdel Fattah Al-Sisi untuk mundur karena salah menangani negosiasi, yang telah berlangsung selama sepuluh tahun.

Penangkapan Al-Shaykh sangat memprihatinkan mengingat bahwa sehari sebelum Al Jazeera menayangkan siaran langsung dari Mesir untuk pertama kalinya dalam delapan tahun.

Al Jazeera menutup kantornya di Mesir pada Juni 2014 ketika Kairo menindak media itu setelah kudeta 2013, dengan fokus khusus pada organisasi yang berbasis di Qatar.

Siaran terakhir stasiun itu pada Desember 2013 setelah tiga reporter mereka ditangkap di Hotel Marriott Kairo dan diadili atas tuduhan terkait teror palsu.

Izin Al Jazeera dicabut dan kantornya digerebek

Sponsored

Ketika mereka meluncurkan blokade di Qatar, Mesir dan sekutunya Arab Saudi, UEA dan Bahrain menuntut agar Al Jazeera menutup kantornya.

Salah satu jurnalis Al Jazeera, Mahmoud Hussein, ditangkap pada 2016 dan ditahan dalam penjara pra-persidangan selama lebih dari empat tahun sebelum dibebaskan pada Februari tahun ini.

Selama beberapa tahun Mesir dinobatkan sebagai salah satu pemenjara jurnalis top dunia.

Hubungan antara Mesir dan Qatar telah membaik tahun ini setelah negara-negara Teluk dan Kairo mengambil langkah untuk berdamai empat tahun setelah blokade.

Langkah ini, dan fakta bahwa Al Jazeera dapat siaran dari Mesir pada akhir pekan lalu, dianggap sebagai tanda bahwa Kairo mengubah sikapnya terhadap stasiun TV, yang mendorong Al-Syekh untuk kembali ke rumah. (Sumber: Middle East Monitor)

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid