sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bagaimana kualitas udara Jakarta hari ini?

Versi AirVisual sekitar pukul 11.00 WIB, Jakarta menempati peringkat pertama disusul Dubai dengan AQI tertinggi.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Sabtu, 07 Sep 2019 11:00 WIB
Bagaimana kualitas udara Jakarta hari ini?

Kualitas udara di Ibu Kota Jakarta pada Sabtu (7/9) di laman resmi situs pemantau polusi udara AirVisual sekitar pukul 11.00 WIB tercatat 156 dengan kategori tidak sehat berdasarkan parameter PM2.5 konsentrasi 65,3ug/m3.

Jakarta menempati posisi pertama dan Dubai duduk di peringkat kedua dengan Air Quality Index (AQI) 156 berdasarkan konsentrasi PM2.5 64.8ug/m3.

Dari delapan lokasi yang terpantau di Jakarta, tujuh di antaranya berada pada level tidak sehat, termasuk kawasan Pejaten Barat (156), Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta Pusat (153), AHP - Capital Place (161), Rawamangun (156), Mangga Dua bagian selatan (156) dan Kemayoran (160). Sementara, kawasan GBK Jakarta berada pada level 127 yang berarti tidak sehat bagi kelompok sensitif.

AirVisual mencatat kelembaban Jakarta 55% dan kecepatan angin 8,5 km/jam.

Sponsored

Seperti dikutip dari Antara, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan sejumlah saran bagi masyarakat untuk mencegah dan menangani polusi udara di Jakarta yang dikategorikan tidak sehat berdasarkan AQI di atas angka 150.

Beberapa saran di antaranya meminimalkan terkena polusi udara seperti mengurangi aktivitas di luar ruangan pada saat kualitas udara tidak sehat dan menghindari aktivitas berat fisik berat termasuk olahraga apabila berada di luar ruangan pada saat kualitas udara tidak sehat. Apabila beraktivitas di luar ruangan, hindari kawasan atau area dengan kualitas udara yang tidak sehat dan berbahaya.

Memantau kualitas udara secara berkesinambungan untuk bisa mengambil keputusan beraktivitas di luar rumah serta pemakaian masker atau respirator untuk mengurangi masuknya partikel ke dalam saluran napas dan paru (terutama bila beraktivitas di luar ruangan) juga disarankan.