sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Baku tembak KKB-TNI di Intan Jaya, 1 anggota KKB tewas

Salah seorang warga sipil menjadi korban luka tembak di bagian kaki.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Rabu, 19 Feb 2020 09:25 WIB
Baku tembak KKB-TNI di Intan Jaya, 1 anggota KKB tewas
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Aparat penegak hukum kembali terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Gulanggama dan Japaro Kompleks, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (18/2) kemarin.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Kolonel CPL Eko Daryanto menjelaskan, peristiwa itu bermula dari serangan membabi buta pihak KKB kepada pasukan yang tengah berpatroli. Pihak KKB menembaki dari posisi bawah lembah.

"Kontak tembak terjadi sekitar pukul 07.20 WIT. Mereka membawa dua senjata," kata Eko dalam keterangan, Rabu (19/2).

Saat baku tembak terjadi, anggota KKB melarikan diri ke arah jurang dan semak-semak menuju Ugimba. Aparat kemudian menyisir lokasi pelarian para anggota KKB tersebut.

"Saat melakukan pembersihan sektor kontak tembak, ditemukan jenazah laki-laki anggota KKB bernama Meki Tipagau (18)," tutur Eko.

Lelaki yang terkena tembak itu merupakan salah satu anggota KKB yang membawa senjata. Keterangan kepala desa setempat pun memperkuat Meki telah bergabung dengan KKB.

Selain Meki, satu warga sipil, Kina Sani, terkena tembak rekoset amunisi di bagian kakinya. Warga berusia 14 tahun itu kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Korban sudah ditangani dan selanjutnya dievakuasi ke Sugapa dilanjut ke Timika untuk diambil proyektilnya," ucapnya.

Sponsored

Dalam peristiwa itu, penyidik menyita barang bukti berupa satu unit laptop, satu unit telepon genggam, satu unit HT, dua pucuk senjata rakitan, satu unit mesin fax, satu buah busur panah, dan beberapa anak panah. 

Berita Lainnya