sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Data terbaru Covid-19 di Banten: 10 positif, dua orang meninggal

Jumlah tersebut lebih besar dari data yang disampaikan pemerintah pusat kemarin.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Kamis, 19 Mar 2020 08:25 WIB
Data terbaru Covid-19 di Banten: 10 positif, dua orang meninggal
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2956
Dirawat 2494
Meninggal 240
Sembuh 222

Jumlah korban Covid-19 di wilayah Banten mengalami peningkatan. Hingga Kamis (19/3) pagi ini, terdapat 10 kasus positif dengan dua orang meninggal dunia.

Data tersebut dirujuk dari situs infocorona.bantenprov.go.id yang diakses jurnalis Alinea.id pukul 07:50 WIB. Dari total jumlah kasus positif, lima di antaranya berasal dari Kabupaten Tangerang satu dari Kota Tangerang, dan dua dari Kota Tangerang Selatan.

Dua kasus lainnya juga berasal dari Kota Tangerang Selatan. Namun dua pasien positif tersebut telah dinyatakan meninggal dunia. 

Jumlah ini lebih banyak dari yang disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan coronavirus Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Jakarta, Rabu (18/3).

Kemarin, Yurianto menyebut jumlah kasus positif coronavirus di Banten sebanyak empat kasus, dengan satu korban meninggal dunia. Namun Yuri juga menyebut ada satu orang pasien sembuh dari wilayah Banten.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, Pemprov Banten melakukan pemutakhiran data Covid-19 melalui situs tersebut. Data yang tersedia sudah tervalidasi sebelum ditampilkan dalam website yang dapat diakses seluruh pengguna internet.

"Iya, lihat di situ saja. Sudah di-update," kata Ati saat dikonfirmasi Kamis (19/3).

Selain korban positif, terdapat 144 kasus berstatus orang dalam pemantauan (OPD). Dari jumlah tersebut, 93 di antaranya masih bertatus dipantau, sementara 51 sisanya sudah dinyatakan sembuh. 

Sponsored

Di Kabupaten Pandeglang terdapat satu kasus yang masih dipantau dan satu orang sembuh. Kabupaten Serang satu sembuh, Kabupaten Tangerang 20 dipantau dan 19 sembuh, Kota Tangerang Selatan 35 dipantau dan 12 sembuh. 

Kemudian, di Kota Serang satu orang masih dipantau, Kota Cilegon dua dipantau dan sembilan sembuh. Sementara untuk Kabupaten Lebak nihil.

Sementara itu, pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 30 orang terdiri dari 25 masih dirawat dan lima sembuh. Di Kabupaten Pandeglang terdapat dua orang yang masih dirawat, Kabupaten Serang dua orang sembuh, Kabupaten Tangerang enam dirawat dan dua sembuh. Kota Tangerang 11 dirawat dan satu sembuh, Kota Tangerag Selatan enam dirawat dan dua sembuh. Lalu Kota Serang, Kota Cilegon, dan Kabupaten Lebak nihil.   

Menurut Ati, terdapat ruang isolasi yang telah disiapkan untuk menangani para pasien. Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Banten itu juga mengatakan, Pemprov akan meningkatkan jumlah ruang isolasi sebagai upaya penanganan lanjutan mengingat kasus coronavirus berpotensi mengalami lonjakan.

"Kalau ada lonjakan kasus yang signifikan, kita melakukan disaster plan. Rencana berikutnya seperti RSU Banten yang tadinya hanya delapan ruang isolasi, kita akan jadikan satu rumah sakit itu hanya untuk Covid-19," kata Ati.

Bau busuk kejar tayang revisi KUHP

Bau busuk kejar tayang revisi KUHP

Rabu, 08 Apr 2020 17:05 WIB
Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Ironi kebut legislasi di tengah pandemi

Rabu, 08 Apr 2020 11:36 WIB
Berita Lainnya