sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPR dukung rencana insentif pekerja gaji di bawah Rp5 juta

Setiap pekerja bakal mendapatkan bantuan Rp600.000 dan akan disalurkan selama 4 bulan.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Jumat, 07 Agst 2020 09:13 WIB
DPR dukung rencana insentif pekerja gaji di bawah Rp5 juta
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mendukung rencana pemerintah memberikan bantuan kepada 13 juta pekerja yang bergaji di bawah Rp5 juta dalam bentuk insentif tambahan. Alasannya, membantu buruh di tengah pandemi dan mempercepat penyerapan anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Saya pikir, itu langkah yang baik yang dilakukan pemerintah," terangnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/8).

Politikus Partai Gerindra ini melanjutkan, kebijakan serupa telah diterapkan beberapa negara. Oleh karenanya, DPR mendukung dan akan mengawal kebijakan tersebut hingga terimplementasikan.

Namun demikian, Dasco mengingatkan, rencana insentif tambahan itu harus tepat sasaran. Harus sampai ke tangan yang berhak sebagaimana ketentuan berlaku.

"Artinya, pendataan yang ada harus baik dan dari hasil pendataan itu bisa diterima oleh yang memang betul-betul memerlukan dan sesuai sasaran," tegasnya.

Terkait jumlah bantuan sebesar Rp600.000, Dasco melihat, sudah baik. Masyarakat pun diminta mensyukuri insentif yang bakal disalurkan selama empat bulan tersebut.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, sebelumnya mengatakan, insentif tambahan bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta merupakan salah satu rencana pemerintah untuk mempercepat penyerapan anggaran PEN. Total dana yang disiapkan sebesar Rp32,2 triliun.

"Ini dilakukan karena sampai dengan Agustus, penyerapan Program PEN masih dirasa perlu ditingkatkan," katanya. Sampai sekarang rencana insentif masih dalam tahap finalisasi di internal pemerintah.

Sponsored
Berita Lainnya