sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

HUT Badan Pangan Nasional, Jokowi ingatkan tantangan masa kini

Jokowi berharap Badan Pangan Nasional bisa hadapi tantangan saat ini.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Sabtu, 30 Jul 2022 15:13 WIB
HUT Badan Pangan Nasional, Jokowi ingatkan tantangan masa kini

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) yang genap berusia satu tahun. Badan Pangan Nasional resmi dibentuk oleh Presiden melalui Peraturan Presiden (Perpres) nomor 66 tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional yang diteken pada 29 Juli 2021.

Di tengah ancaman krisis pangan saat ini yang disebabkan perubahan iklim, pandemi, dan perang geopolitik, menurut Jokowi, menjadi tantangan bagi Badan Pangan Nasional yang mempengaruhi produksi, sistem logistik, dan harga pangan global. Meski demikian, Presiden Jokowi mengaku yakin atas kemampuan Badan Pangan Nasional dalam menghadapi tantangan yang ada saat ini.

“Saya yakin Badan Pangan Nasional dapat mengatasi tantangan-tantangan tersebut dan dapat mewujudkan ketahanan pangan dengan terus bersinergi dan berkolaborasi bersama stakeholder lainnya di bidang pangan,” tutur Jokowi saat memberikan ucapan Hari Ulang Tahun Badan Pangan Nasional ke 1 melalui akun Youtube Badan Pangan Nasional, Jumat (29/7).

Melalui pesan tersebut, Joko Widodo juga mendorong Badan Pangan Nasional untuk bisa mewujudkan tata kelola pangan nasional yang kuat dan berkelanjutan.

Sponsored

“Selamat ulang tahun ke satu pada Badan Pangan Nasional. Terus wujudkan tata kelola pangan nasional yang kuat dan berkelanjutan,” ucapnya.

Diketahui, Badan Pangan Nasional memiliki wewenang pengawasan pada sembilan bahan pangan, yaitu beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, cabai, telur unggas, daging ruminansia (hewan pemamah biak dengan tumbuhan sebagai bahan konsumsi makanan utamanya), dan daging unggas.

Dalam menghadapi potensi kenaikan harga gandum dunia yang bisa mempengaruhi kenaikan harga pangan dalam negeri, Badan Pangan Nasional mengupayakan mitigasi dengan mendorong penganekaragaman konsumsi pangan dalam negeri dengan memanfaatkan bahan pangan lokal. 

Berita Lainnya
×
tekid