sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lepas kontigen Indonesia, Jokowi harap atlet bawa pulang banyak medali

Sebanyak 449 atlet Indonesia siap berlaga pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 09 Mei 2022 14:34 WIB
Lepas kontigen Indonesia, Jokowi harap atlet bawa pulang banyak medali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kontingen Indonesia dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang SEA Games Ke-31 di Vietnam. Dia juga berharap para atlet bisa menunjukan prestasinya dengan membawa pulang banyak medali ke Tanah Air.

Hal itu diungkap Jokowi saat melepas kontingen Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games Ke-31 di Vietnam pada 12-23 Mei 2022 di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (9/5). 

Sebanyak 449 atlet Indonesia siap berlaga pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam. Jumlah atlet yang dikirim tahun ini lebih sedikit ketimbang SEA Games ke-30 di Singapura pada 2019. Atlet-atlet Indonesia akan berlaga di 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga.

"Hari ini segera akan kita lepas kontingen SEA Games Ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping, tetapi kita semuanya masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Senin.

Jokowi mengatakan dirinya ingin agar kontingen Indonesia bisa bertengger di posisi tiga besar klasemen perolehan medali. Berkaca pada beberapa SEA Games sebelumnya, Indonesia berada pada posisi kelima dan keempat.

"Saya ingat di SEA Games-SEA Games sebelumnya, di Singapura 2015 kita berada di peringkat kelima. Kemudian di Malaysia kita juga masih berada di peringkat kelima. Dan di 2019 kemarin di Filipina, kita masuk ke peringkat keempat. Kali ini kita semuanya ingin agar SEA Games Ke-31 Vietnam kita bisa masuk ke rangking yang ketiga, kedua, atau yang kesatu," ujar Kepala Negara.

Meskipun tidak mudah, namun Jokowi optimistis bahwa prestasi tersebut bisa diraih karena seleksi para atlet yang akan dikirimkan ke ajang SEA Games Ke-31 di Vietnam ini telah dilakukan dengan baik.

"Memang bukan hal yang mudah, tapi saya dengar bahwa seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," ungkap Jokowi.

Sponsored

Dalam laporannya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pengiriman kontingen ke SEA Games kali ini berbeda dengan pengiriman ke SEA Games Ke-30 tahun 2019 di Filipina. 

Menpora menyebut bahwa kontingen Indonesia yang dikirimkan ke SEA Games Ke-31 berdasarkan rekomendasi dari tim reviu adalah berjumlah 776 orang yang terdiri atas atlet 499 orang, ofisial 214 orang, dan pendamping 63 orang. 

Mereka akan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga dan kontingen ini akan dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Ferry Kono (Sekretaris Jenderal KOI) serta Wakil CdM Ade Lukman (Sekretaris Jenderal KONI).

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Jalan panjang negara mensejahterakan lansia

Senin, 06 Feb 2023 09:15 WIB
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid