sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Tengah malam, Kapolri dan Panglima TNI datangi lokasi demo di DPR

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau kondisi keamanan di Gedung DPR/MPR RI.

Sukirno
Sukirno Selasa, 01 Okt 2019 04:58 WIB
Tengah malam, Kapolri dan Panglima TNI datangi lokasi demo di DPR

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau kondisi keamanan di Gedung DPR/MPR RI Senin (30/9) malam.

"Ya (Kapolri dan Panglima TNI mengecek situasi terkini)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono, lewat pesan singkat di Jakarta.

Kapolri dan Penglima TNI terlihat menuju gedung DPR dari arah Semanggi sekitar pukul 23.00 WIB, bersama rombongan terlihat Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono, Asisten Operasi Kapolri.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto lebih dulu meninggalkan gedung DPR/MPR RI, sekitar lima menit kemudian Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga meninggalkan gedung DPR/MPR RI.

Situasi sekitar gedung DPR/MPR RI arah Palmerah, Slipi dan Pejompongan sejak pukul 21.00 WIB sudah mulai kondusif, sejumlah ruas jalan telah dilewati pengguna jalan umum kembali.

Meski sudah kondusif, personel kepolisian tetap berjaga-jaga di sejumlah lokasi bentrok seperti di Palmerah, Slipi dan Semanggi. Kepolisian juga menyiagakan pasukan di gerbang depan gedung DPR/MPR RI.

Sebelumnya, para pelajar dan mahasiswa sejak pagi Senin sudah menggelar aksi demonstrasi menolak menyampaikan tuntutan soal penolakan RUU KUHP dan UU KPK dan beberapa RUU lain yang dianggap bermasalah.

Pada siang hari demonstran mulai terlibat bentrok dengan personel kepolisian, dan sekitar pukul 21.00 WIB kepolisian bisa memecah konsentrasi demonstran di beberapa wilayah bentrok, setelah itu kondisi berangsur kondusif.

Sponsored

Pada pukul 00.00 WIB, Dinas Kebersihan DKI Jakarta pun mulai membersihkan batu, kayu dan benda lainnya sisa bentrok di sejumlah ruas jalan sekitar gedung DPR/MPR RI. (Ant)

Berita Lainnya