sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kasus positif Covid-19 di Papua bertambah, Kota Jayapura tertinggi

Sebanyak 45 orang terpapar Covid-19 di Provinsi Papua.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Rabu, 08 Apr 2020 22:03 WIB
Kasus positif Covid-19 di Papua bertambah, Kota Jayapura tertinggi
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 26473
Dirawat 17552
Meninggal 1613
Sembuh 7308

Kasus pasien positif coronavirus disease 2019 atau Covid-19, Rabu (8/4), di Papua terus bertambah menjadi 45 orang.

Kota Jayapura tercatat paling tinggi sebanyak enam orang. Disusul Kabupaten Jayapura dan Mimika, masing-masing empat orang.

Jubir Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua dr. Silvanus Sumule di Jayapura mengatakan, dari 45 orang yang terpapar, lima di antaranya meninggal, yakni di Jayapura dua orang dan tiga orang di Timika.

"Satu pasien, Rabu (8/4) meninggal di Timika, " ucap Sumule.

Saat ini, lanjut dia, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat 54 orang, dan 3.084 orang dalam pemantauan (ODP).

Sementara pasien positif Covid-19 yang masih dirawat tercatat 35 orang. "Pasien sembuh tercatat lima orang, dua pasien di Merauke dan sisanya di Jayapura," katanya.

Dijelaskan Sekretaris Dinkes Papua itu, terdapat empat wilayah yang menjadi perhatian serius dalam hal penanganan Covid-19 yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke.

Dengan bertambahnya warga yang terpapar coronavirus, Sumule meminta agar masyarakat tidak menganggap enteng dan mengikuti anjuran pemerintah dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah bila tidak penting.

Sponsored

Bila warga tetap 'ngeyel', kemungkinan jumlah yang terpapar akan terus bertambah.

Pihaknya mengimbau warga yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 segera melaporkan ke petugas kesehatan, sebelum kondisinya semakin parah.

"Warga yang telah kontak dengan pasien positif, diminta jangan takut atau malu untuk melaporkannya," harap dr. Sumule.

Bila pasien cepat ditangani, lanjut dia, kemungkinan sembuhnya besar. Namun, bila sebaliknya maka menyulitkan paramedis untuk menyembuhkan. 

Secara nasional, jumlah pasien yang terjangkit Covid-19 naik 218 kasus. Angka ini berdasarkan hasil pendataan 7-8 April 2020, pukul 12.00 WIB.

"Ada 218 kasus konfirmasi positif baru. Sehingga, total menjadi 2.956 kasus," kata Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Rabu (8/4).

Yuri menambahkan, terdapat 18 kasus yang dinyatakan sembuh. Rinciannya, Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Jawa Timur masing-masing lima kasus serta Kalimantan Timur tiga kasus.

"Ada 18 kasus yang sudah sembuh. Sehingga, total menjadi 222 kasus," jelas dia.

Sedangkan pasien positif Covid-19 yang meninggal sebanyak 19 orang. Ditemukan di Yogyakarta empat kasus, DKI Jakarta delapan kasus, Jawa Barat enam kasus, dan Sulawesi Utara satu kasus.

"Sehingga, total menjadi 240 kasus," pungkasnya. (Ant)

Berita Lainnya