sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemberlakukan contraflow dari Indramayu ke Jawa Tengah

Sistem contraflow dilakukan di area indramayu ke arah Jawa mulai dari KM 129 sampai KM 132.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Selasa, 03 Mei 2022 19:29 WIB
Pemberlakukan contraflow dari Indramayu ke Jawa Tengah

Kepolisian kembali memberlakukan skema contraflow dari titik Jawa Barat menuju Jawa Tengah. Skema ini disebut sebagai langkah untuk mengurai kemacetan di jalan tol tersebut.

Kabag Penum Mabes Polri, Kombes Gatot Repli mengatakan, skema contraflow diterapkan di area Indramayu. Arah dari Indramayu menjadi titik awal hingga menuju ke area Jawa Tengah dan sekitarnya.

“Sedang diberlakukan sistem contraflow di area indramayu ke arah Jawa mulai dari KM 129 sampai KM 132,” kata Gatot kepada wartawan, Selasa (3/5).

Sementara, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) melakukan perpanjangan contraflow KM 47 tol Jakarta-Cikampek. Skema ini dilakukan untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria mengatakan, skema tersebut diterapkan atas diskresi dari kepolisian. Setidaknya ada tiga titik yang diberlakukan skema tersebut.

“KM 36 hingga KM 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek contraflow dibuka 1 lajur,” kata Tody dalam keterangan, Selasa (3/5).

Tody menyampaikan, titik kedua di KM 47 hingga KM 70 jalan tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek contraflow dibuka 2 lajur. Akses masuk lajur contraflow pada KM 47 dilakukan buka tutup secara situasional. 

KM 70 hingga KM 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek contraflow dibuka 1 lajur dan dari KM 72 hingga KM 88 jalan tol Cikopo-Palimanan contraflow dibuka 1 lajur.

Sponsored

Sebelumnya, JMT melakukan penghentian sistem contraflow di jalan tol. Penghentian dilakukan atas diskresi dari kepolisian.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti mengatakan, pemberlakuan contraflow di ruas tol Jagorawi mulai KM 05+000 sampai KM 13+000 arah Bogor/Ciawi sejak pukul 12.30 WIB. 

Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan di ruas tol Jagorawi, tepatnya antisipasi pertemuan lalu lintas pengguna jalan yang berasal dari ruas tol JORR E dan ruas tol JORR S serta pengguna jalan dari ruas tol dalam kota dan ruas tol Jagorawi.

“Atas diskresi Kepolisian pukul 15.00 WIB contraflow dihentikan,” kata Tri dalam keterangan, Selasa (3/5).

Berita Lainnya
×
tekid