sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Peresmian patung Bung Karno, Megawati: Penting ingat strategi gerilya

Dia mengatakan, selalu meminta kepada Panglima TNI memasukkan strategi perang gerilya dalam kurikulum pelajaran akademi.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Minggu, 06 Jun 2021 12:32 WIB
Peresmian patung Bung Karno, Megawati: Penting ingat strategi gerilya

Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri, mengingatkan generasi militer tak melupakan strategi perang gerilya yang turut mengantarkan Indonesia merdeka. Hal itu, disampaikan Megawati dalam peresmian patung Bung Karno di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Minggu (6/6).

"Kita tidak akan pernah lupa dan saya selalu diingatkan oleh ayah saya (Soekarno), betapa pentingnya bagi generasi dari militer itu mengingat strategi perang gerilya," ucapnya dikutip dari Youtube PDI Perjuangan.

Megawati mengimplementasikan pesan Bung Karno saat menjadi presiden. Dia mengatakan, selalu meminta kepada Panglima TNI memasukkan strategi perang gerilya dalam kurikulum pelajaran akademi.

"Kalau dibayangkan dengan bambu runcing dan dengan bantuan rakyat, maka kita dapat dan merebut kemerdekaan kita, dan sampai hari ini kita tetap diakui sebagai sebuah bangsa yang merdeka," ucapnya.

Lebih lanjut, Megawati juga mengingatkan semua pihak tidak lupa salah satu poin Undang-undang (UU) Dasar 1945. Isi yang dimaksud adalah dari sisi keamanan dan pertahanan Indonesia bukan untuk melakukan penjajahan, tapi justru menjaga perdamaian dunia.

Terkait patung Bung Karno menunggangi kuda yang terinspirasi Hari Angkatan Perang 5 Oktober 1946 di Yogyakarta, Megawati mengatakan, itu sebagai pengikat bagaimana putra sang fajar membangun kekuatan militer.

"Peresmian patung Bung Karno yang mengambil momentum ketika ibu kota negara berada di Yogyakarta tersebut, mengingatkan bagaimana Bung Karno membangun kekuatan Tentara Nasional Indonesia sebagai sebuah kekuatan pertahanan yang sangat disegani karena kesatupaduan dengan rakyat," ujarnya.

Sebelumnya, dalam peresmian patung Bung Karno, turut hadir Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa dan pejabat lain.

Sponsored
Berita Lainnya