sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Presiden Jokowi: Rapid test sudah dimulai sore ini

Rapid test perdana ini dilakukan di Jakarta Selatan dengan mendatangi rumah-rumah warga yang terindikasi melakukan kontak dengan pasien.

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Jumat, 20 Mar 2020 16:03 WIB
Presiden Jokowi: Rapid test sudah dimulai sore ini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Pemerintah Indonesia telah memulai penerapan rapid test untuk melacak penularan coronavirus di tanah air. Presiden Joko Widodo menyatakan, tes massal pertama dilakukan pada sore hari ini di Jakarta Selatan sebagai daerah yang dinilai paling rawan. 

"Rapid test sudah dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada contact tracing pasien positif," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (20/3).

Dia menjelaskan, rapid test sengaja dilakukan di wilayah yang telah dilakukan contact tracing dari kasus yang telah dipastikan positif terinfeksi coronavirus. Hal ini dilakukan karena telah ada indikasi awal sebaran Covid-19 di lokasi tersebut. 

"Kita prioritaskan dari hasil pemetaan. Menunjukkan indikasi paling rawan adalah Jakarta Selatan," kata Jokowi.

Sponsored

Rapid test di Jakarta Selatan sore ini dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah warga yang terindikasi melakukan kontak dengan pasien positif. Wilayah ini menjadi lokasi temuan kasus infeksi coronavirus pertama di Indonesia.

Kemarin, juru bicara pemerintah untuk penanganan coronavirus Achmad Yurianto mengatakan, tes massal ini dilakukan dengan mengukur imunoglobulin dalam sampel darah. Menurutnya, negara-negara lain juga telah melakukan metode ini dalam penanganan Covid-19.

Rapid test ini merupakan langkah awal untuk mendeteksi virus corona. Jika individu yang menjalani tes dinyatakan positif, ia akan kembali menjalani tes polymerase chain reaction atau PCR yang jauh lebih akurat. 

Berita Lainnya