sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Presiden tinjau Alugoro-405, kapal selam ketiga buatan anak bangsa

Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. 

Gema Trisna Yudha
Gema Trisna Yudha Senin, 27 Jan 2020 10:58 WIB
Presiden tinjau Alugoro-405, kapal selam ketiga buatan anak bangsa
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 59394
Dirawat 29740
Meninggal 2987
Sembuh 26667

Presiden Joko Widodo akan meninjau kapal selam Alugoro-405 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Ini merupakan kapal selam ketiga buatan anak bangsa, hasil kerja sama dengan produsen kapal selam Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering atau DSME.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa rombongan Presiden telah lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.15 WIB. Setelah mendarat di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Presiden langsung menuju PT PAL Indonesia (Persero) di Kota Surabaya.

Di lokasi ini Jokowi meninjau kapal selam Alugoro-405. Kapal selam ini merupakan kapal selam ketiga dari batch pertama kerja sama PT PAL dan DSME. Pada batch kedua, masih ada tiga kapal selam yang akan dihasilkan dari kerja sama ini.

Ada lebih dari 200 teknisi tanah air yang terlibat dalam pembangunan kapal selam ini. Keberhasilan pembangunan kapal selam Alugoro, menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam.

Sponsored

Adapun dua kapal selam sebelumnya dibuat di Korea, yakni Nagapasa-403 dan Ardadedali-404. Kedua kapal selam tersebut saat ini sudah beroperasi memperkuat pertahanan Indonesia. 

Setelah meninjau Alugoro-405, Jokowi akan mendatangi hanggar fasilitas produksi kapal selam untuk meninjau panel overhaul kapal selam KRI Cakra-401. Kepala Negara juga dijadwalkan untuk memimpin rapat terbatas tentang kebijakan pengembangan alat utama sistem persenjataan atau alutsista. (Ant)

Berita Lainnya