sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

KAI Daop 1 Jakarta amankan puluhan barang penumpang yang tertinggal

Eva menyebut ada belasan barang yang sudah dikembalikan kepada para pemilik.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Jumat, 29 Apr 2022 17:46 WIB
KAI Daop 1 Jakarta amankan puluhan barang penumpang yang tertinggal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengamankan 35 barang tertinggal selama periode mudik Lebaran 2022. Semua barang tersebut kini masuk dalam databese lost and found milik PT KAI.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, semua ini untuk mengoptimalkan fungsi layanan lost and found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas. Sejumlah barang tersebut banyak tertinggal di atas kereta api maupun di stasiun yang dilewati.

“Pada periode angkutan lebaran 22 April hingga kini tercatat sebanyak 35 barang tertinggal berhasil diamankan petugas yang telah di masukan pada database sistem Lost and Found,” kata Eva dalam keterangan, Jumat (29/4).

Eva menyebut, ada belasan barang yang sudah dikembalikan kepada para pemilik.  Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, HP, perhiasan, koper atau tas, hingga jam tangan dan dompet. 

“Dari jumlah tersebut 16 diantaranya sudah kembali ke pemilik,” ucap Eva.

Eva menyebut, seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang. Namun, untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas KA atau Stasiun.

Ia mengingatkan, bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas KA. Pelanggan juga bisa melaporkan ke petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121. 

Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA. Apalagi, pada saat KA tiba di stasiun tujuan akhir.

Sponsored

“Petugas akan melakukan pengecekan disetiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal,” ujar Eva.

Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor. Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganannya. Kemudian, jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas dan proses verifikasi kepemilikan barang. 

Dalam hal penemuan barang di dalam KA ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada database lost and found yang dimiliki oleh KAI. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan KA. 

Database ini dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun,” ujar Eva.

Eva mengimbau kepada para pelanggan KA untuk selalu memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi penumpang juga sebaiknya tidak membawa barang bawaan berlebih.

Pada masa mudik Lebaran 2022 kali ini terdapat peningkatan yang tinggi untuk jumlah penumpang menggunakan jasa KA. Tercatat untuk jadwal keberangkatan 22 April s.d 1 Mei 2022 terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual dengan tanggal keberangkatan favorit  27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei 2022. 

Berita Lainnya
×
tekid