close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Seorang petugas medis berada di dekat Ruang Isolasi Pasien Dalam Pengawasan di Rumah Sakit Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (15/3)/Foto Antara Basri Marzuki.
icon caption
Seorang petugas medis berada di dekat Ruang Isolasi Pasien Dalam Pengawasan di Rumah Sakit Undata, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (15/3)/Foto Antara Basri Marzuki.
Nasional
Kamis, 09 April 2020 23:09

Pulang dari Jakarta, warga Serang positif corona

Jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Serang bertambah dua orang.
swipe

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Banten, Agus Sukmayadi mengumumkan kasus pertama pasien positif coronavirus atau Covid-19 di wilayahnya.

Pasien tersebut adalah seorang pria, usia 75 tahun, asal Kecamatan Kibin. Dia dinyatakan positif coronavirus setelah mengikuti pertemuan di Jakarta 

"Setelah kami lakukan konfirmasi ke RSUD Banten, pasien dalam kondisi stabil, masuk ke rumah sakit tanggal 29 Maret dan statusnya pasien dalam pengawasan (PDP). Tadi sore ada hasil laboratorium dari Litbangkes Kemenkes positif Covid-19," kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis (9/3).

Agus mengatakan, pihaknya telah melakukan tracing terhadap pasien dan melakukan rapid test atau tes cepat. Dari tiga orang anggota keluarganya yang menjalani rapid test, dua orang yang dinyatakan reaktif, keduanya tidak mengalami gejala apapun.

Mereka kemudian disarankan untuk melakukan isolasi mandiri dengan diawasi oleh petugas medis.

Jika kemudian muncul gejala keduanya akan dilakukan isolasi di rumah sakit rujukan khusus Covid-19. "Sudah dua kali rapid test hasilnya tetap reaktif. Makanya kami akan lanjutkan dengan mengambil swab (sampel cairan hidung dan tenggorokan),” kata Agus.

Terpisah, Juru Bicara (Jubir) penanganan Covid-19 Kota Serang Hari Pamungkas menyampaikan, jumlah pasien positif corona di wilayahnya bertambah menjadi dua orang.

Satu pasien yang baru dinyatakan positif merupakan warga Kelurahan Panancangan, Kecamatan Cipocok Jaya. Sebelumya, warga Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang juga dinyatakan positif, Rabu (8/4) kemarin.

"Tadi pukul 19.20 terkonfirmasi positif. Warga penancangan, jenis kelamin laki-laki, usia 37 tahun," tutur Hari.

Berdasarkan situs infocorona.bantenprov.go.id jumlah kasus positif di Banten bertambah menjadi 164 orang, 128 dirawat, 12 sembuh, dan 24 meninggal. Berikut rinciannya:

1. Kabupaten Tangerang 40 kasus 

2. Kota Tangerang 56 kasus 

3. Kota Tangerang Selatan 65 kasus 

4. Kota Serang 2 kasus 

5. Kabupaten Serang 1 kasus 

img
Khaerul Anwar
Reporter
img
Fathor Rasi
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan