sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ratusan polisi diterjunkan ke zona merah Covid-19 Surabaya

Penyebaran Covid-19 tertinggi di Surabaya, Jatim, ada di wilayah utara.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Kamis, 16 Apr 2020 22:01 WIB
Ratusan polisi diterjunkan ke zona merah Covid-19 Surabaya
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Polda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan anggotanya ke zona merah coronavirus anyar (Covid-19) di Kota Surabaya. Petugas, dilengkapi alat pelindung diri, akan menyemprot disinfektan di wilayah utara–paling banyak pasien positif dan permukiman padat.

"Kami mengambil langkah ini, karena berdasarkan analisa ada kawasan khusus zona merah di Surabaya yang menjadi perhatian dari gugus tugas," Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, Kamis (16/4).

Selain kepolisian, tim terdiri dari unsur lain. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, dan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Penyemprotan disinfektan bakal dilakukan dengan menggunakan sepeda motor. Pangkalnya, zona merah mencakup perkampungan dengan gang sempit. 

Anggota tim gabungan terdiri dari 152 orang. Kendaraan roda dua yang disiagakan 59 unit. 

Nantinya, sambung Luki, akan ada personel Bhabinkamtibmas ke lokasi. Mereka bertugas menyosialisasikan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat.

Polda pun telah melapor kepada Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, pada Rabu (15/4) malam, terkait titik awal penyebaran Covid-19 di Surabaya. Lokasinya di Jalan Demak dan sekitarnya.

"Dari situ, (peta) bergeser. Antara pasien (positif) pertama dan kedua, radiusnya 600 meter," jelasnya. Kasus lalu menyebar ke wilayah utara.

Sponsored

Selanjutnya, pasien positif bergerak ke selatan Surabaya. Wonokromo, tepatnya. Dalam peta anatomi Polda Jatim, korban ditandai sebagai pasien kelima.

Penyebaran virus SARS-CoV-2 di utara Surabaya meningkat signifikan, terutama di Jalan Gresik. Tepatnya, di daerah Pasar PPI. Di sana, pasien positif Covid-19 di atas 20 orang.

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya