sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Riset: SEA Games dominasi berita dan media sosial dalam dua pekan terakhir

SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media. 

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 18 Mei 2022 18:11 WIB
Riset: SEA Games dominasi berita dan media sosial dalam dua pekan terakhir

Pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games rupanya sangat mendominasi pemberitaan maupun unggahan media sosial kurang lebih dalam dua pekan terakhir. Cabang olah raga sepak bola paling mendapat pemberitaan dan juga sorotan media sosial.

Berdasarkan riset Alinea.id, pergerakan ekspos beritanya pun terus meningkat. Dalam perode 1-12 Mei 2022 tercatat ada 10.689 berita mengenai SEA Games di media online. Pertandingan cabor sepak bola di fase grup SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media. 

Sorotan media banyak terfokus kepada cabor sepak bola. Pertandingan Indonesia melawan Vietnam, dan Timor Leste banyak mendapat pemberitaan. Selain itu, permasalahan di luar lapangan seperti klaim tempat latihan Timnas Indonesia yang tidak layak juga mendapat atensi media.

Menariknya, ada sejumlah tokoh yang cukup mendominasi media seputar Sea Games. Data Alinea.id menunjukan bahwa pelatih Timnas Sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong, menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media seputar persiapan Timnas Indonesia menghadapi beberapa laga di kualifikasi grup sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Pelatih asal Korea Selatan itu diberitakan sebanyak 5719 berita, kemudian diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi) (1607), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali (1496), Ketua Umum PSSI M Iriawan (1078), dan lain sebagainya.

Tercatat ada 767 portal media online yang memberitakan tentang SEA Games Vietnam. Portal media online Bola.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 296 berita.

Dari sisi, pergerakan ekspos media sosial, SEA Games juga menarik atensi netizen tanah air. Berdasarkan riset Alinea.id, dalam kurun waktu 4-12 Mei 2022 terdapat 15.806 unggahan terkait SEA Games. 

Ekspos perbincangan SEA Games mencapai peaknya di tanggal 6 Mei dengan 2.745 cuitan. Netizen banyak menyoroti kekalahan Timnas Sepak Bola Indonesia melawan Vietnam, serta kondisi fasilitas latihan atlet Indonesia yang tidak layak di SEA Games Vietnam

Sponsored

Riset menunjukan bahwa Twitter menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan netizen ketika memperbincangkan mengenai SEA Games di media sosial, denganj umlah unggahan sebanyak 15.806 dan jumlah akun sebanyak 7.565. Selanjutnya Facebook 4. 529 atau 29%, Instagram 671 atau 4%, Tiktok 415 atau 2% dan YouTube 276 atau 2%.

Selain itu, emosi trust mendominasi isi perbincangan netizen. Utamanya dikaitkan dukungan netizen kepada atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games Vietnam.

Emosi anticipation berasal dari netizen yang berharap Atlet Indonesia mendapat hasil terbaik di SEA Games.

Sedangkan emosi disgust salah satunya muncul terkait keluhan Timnas Sepak Bola Indonesia yang mendapat tempat Latihan tidak layak. Selain itu, emosi disgust juga muncul dari kritik netizen karena Atlet senam ritmik Indonesia Sutjiati Narendra diputuskan tidak berangkat ke SEA Games.

Dari sisi audience, perbincangan SEA Games Vietnam menarik perhatian netizen pria dan kelompok milenial dengan rentang umur 22-30 tahun (34%), rentang umur 31-40 tahun 30%, rentang umur 18-21 16%, rentang umur 41-55 14%, rentang umur kurang dari 18 tahun 5%.

Dari segi jenis kelamin, perbincangan SEA Games didominasi pria dengan jumlah percakapan sebanyak 89% dan perempuan sebesar 11%.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid