sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sidang praperadilan Rizieq, kuasa hukum: Ada banyak lawyer yang bantu

Ribuan personel amankan sidang perdana praperdilan Habib Rizieq Shihab.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Senin, 04 Jan 2021 09:35 WIB
Sidang praperadilan Rizieq, kuasa hukum: Ada banyak lawyer yang bantu
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Sidang praperadilan Habib Rizieq Shihab atas penetapan tersangka dan penahanan kasus penghasutan dan kerumunan digelar secara perdana pagi ini, Senin (4/1), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Pada sidang perdana tersebut, pengamanan oleh anggota polisi dari Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya digelar. Tidak hanya penjagaan oleh personel, pengerahan barak kuda dan water canon juga disiagakan.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi sartono mengatakan, sebanyak 1.500 personel dikerahkan. Pengerahan personel tersebut dibagi ke dalam tiga titik di sekitar lokasi persidangan.

"Jadi ada tiga titik pengamanan, pertama pertigaan Jalan Madrasah, pertigaan Jalan Ampera, dan di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," katanya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (4/1).

Menurut Budi, sampai saat ini tidak ada pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi persidangan. Informasi pengerahan massa dari pihak Front Pembela Islam pun belum didapat polisi.

"Sementara tidak ada pengalihan arus lalu lintas. Arus lalu lintas seperti biasa, hanya kami lakukan dua penyekatan terbatas di dua titik. Sehingga mengetahui apabila ada pergerakan massa," ucapnya.

Sementara itu, kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Kamil Pasha menyebut pengamanan yang dilakukan memang sepenuhnya kebijakan pihak pengadilan dan aparat kepolisian. Kendati demikian dia memandang pengamanan tersebut mengganggu aktivitas sekitar.

"Ya tadi kan bisa dilihat jadi sedikit macet. Kan banyak juga kuasa hukum lain yang ingin bersidang, banyak pejuang keadilan lainnya, bukan hanya kami saja," tuturnya.

Sponsored

Terkait dengan sidang, Kamil mengungkapkan akan ada perbaikan permohonan praperadilan yang sebelumnya sudah diajukan. Pihaknya akan menambahkan sejumlah pasal yang sebelumnya belum disertakan.

Dibeberkan Kamil, akan ada banyak relawan yang membantu praperadilan Habib Rizieq Shihab. Sejumlah kuasa hukum, katanya, bergerak dengan sendirinya tanpa dikerahkan oleh FPI.

"Kami tidak mengerahkan. Alhamdulillah ada banyak lawyer yang membantu habib. Masih akan datang dari Pak Hendarta juga. Kami juga membagi tugas karena kebetulan Habib Rizieq ada agenda di Polda," pungkasnya.

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya