sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wapres minta Aceh waspadai varian baru Covid-19

Ma’ruf Amin meminta Pemprov Aceh meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan varian Delta AY.4.2.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 16 Nov 2021 16:27 WIB
Wapres minta Aceh waspadai varian baru Covid-19

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan varian baru Covid-19, Delta AY.4.2, karena sudah terdeteksi masuk ke Malaysia dan Singapura.

"Dengan adanya varian baru bahkan sudah sampai ke Malaysia dan Singapura, ini sudah dekat dengan Aceh. Oleh karena itu, ini harus diwaspadai," katanya saat memimpin rapat di Kantor Gubernur Aceh, Selasa (16/11).

Bekas Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga mengimbau masyarakat Aceh meningkatkan penerapan protokol kesehatan (prokes) dan mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Capaian vaksinasi di "Bumi Serambi Makkah" termasuk yang rendah di Indonesia.

"Aceh termasuk salah satu provinsi yang tingkat vaksinasinya masih rendah dari tujuh provinsi. Penerapan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi secara masif merupakan bagian daripada upaya pengendalian kita," tuturnya.

Capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Aceh tercatat masih rendah selain Sumatera Barat, Sulawesi Barat, dan Papua. Keempatnya pun disorot Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Bapak Presiden memberi catatan khusus untuk Papua, Aceh, Sumatera Barat, dan Sulawesi Barat untuk terus ditingkatkan karena mereka terendah di level 24-33%," kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, pada 25 Oktober lalu.

Varian Delta AY.4.2 atau Delta Plus terdeteksi di Malaysia berdasarkan pengumuman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) setempat pada 6 November. Virus menginfeksi dua pelajar Malaysia yang baru kembali dari Inggris, salah satu negara yang mendominasi penularan virus tersebut hingga 96% dari total infeksi di berbagai negara di dunia.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), varian Delta Plus telah terdeteksi di 42 negara. Inggris, India, Israel, Amerika Serikat, dan Rusia, misalnya.

Sponsored
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid