sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wapres tinjau lokasi simulasi vaksin Covid-19

Wapres Ma'ruf Amin kunjungi Puskesmas Cikarang tinjau simulasi vaksin Covid-19.

Firda Junita
Firda Junita Kamis, 19 Nov 2020 14:04 WIB
Wapres tinjau lokasi simulasi vaksin Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 939.948
Dirawat 149.388
Meninggal 26.857
Sembuh 763.703

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin beserta rombongannya mengunjungi Puskesmas Cikarang untuk meninjau simulasi vaksin Covid-19, Kamis (19/11) pagi.

Setibanya di lokasi, Wapres langsung disambut Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja.

Di lokasi, Wapres berkeliling dan meninjau simulasi proses vaksinasi Covid-19 sambil mendengarkan paparan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny.

Ma’ruf Amin mengamati tahap demi tahap untuk memastikan standar operasional dan prosedur vaksinasi dijalankan dengan baik, mulai dari pendaftaran peserta, pemeriksaan kesehatan dasar peserta, penyuntikan vaksin, hingga observasi setelah vaksinasi.

“Jadi ada beberapa persiapan yang harus disiapkan supaya vaksinasinya itu berjalan dengan baik,” kata Wapres Ma’ruf Amin usai melakukan peninjauan, melansir laman wapresri.go.id.

Persiapan yang dimaksud Wapres termasuk data nama yang akan divaksin di seluruh Indonesia, tahapan vaksinasi, pendistribusian vaksin, dan simulasi vaksinasi di berbagai daerah.

Persiapan lainnya adalah melakukan pelatihan untuk semua petugas dan perencanaan pengolahan limbah medis. Lebih lanjut Ma’ruf Amin mengatakan vaksin sudah ada, tetapi masih dalam proses uji klinis untuk memastikan proses vaksinasi aman dan efektif.

Menurutnya, butuh persiapan yang matang supaya pada proses vaksinasi tidak terjadi hambatan.

Sponsored

“Nanti vaksinnya itu sesudah melewati proses uji klinisnya sudah selesai, kemudian juga ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang sifatnya itu bahwa vaksin itu aman, punya kasiat, efektif, dan kemanjurannya juga sudah dipertanggungjawabkan,” pungkas Wapres Ma’ruf Amin.

Berita Lainnya