Olahraga / Asian Games

Tertinggi sepanjang sejarah, bonus atlet peraih emas Asian Games Rp1,5 miliar

Pemerintah menetapkan bonus atlet Indonesia peraih medali emas dalam Asian Games 2018 mencapai Rp1,5 miliar tertinggi sepanjang sejarah.

Tertinggi sepanjang sejarah, bonus atlet peraih emas Asian Games Rp1,5 miliar Menpora Imam Nahrawi (kedua kanan), Ketua DPR Bambang Soesatyo (kedua kiri), Pebulu tangkis Sony Dwi Kuncoro (kanan) dan penulis Arief Muhammad menyulut api obor saat pawai obor (torch relay) Asian Games 2018 di kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung, Bali, Selasa (24/7). / Antara Foto

Pemerintah menetapkan bonus atlet Indonesia peraih medali emas dalam gelaran Asian Games 2018 mencapai Rp1,5 miliar tertinggi sepanjang sejarah.

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi menegaskan bonus tersebut untuk memacu semangat para atlet yang bakal mengharumkan nama Bangsa di Asian Games.

"Bonus peraih medali emas sebesar itu, merupakan tertinggi sepanjang sejarah Asian Games," ujarnya saat ditemui usai berziarah ke makam suadaranya di Kudus, Rabu (25/7).

Untuk peraih medali peraknya, kata dia, masih seperti ijon, jadi yang menentukan klasemen adalah emas. Oleh karena itu, lanjut dia, medali emas yang harus dijadikan motivasi semua atlet untuk bisa meraihnya.

Dengan raihan medali emas, katanya, atlet akan mendapatkan bonus terbesar. Terkait dengan uang saku, lanjut dia, merupakan sesuatu yang dilakukan dan ditepati sejak beberapa tahun yang lalu.

Hal tersebut, katanya, sudah dilakukan di ajang Sea Games Kuala Lumpur, Sea Games Singapura dan Olimpiade Brasil.

"Jadi tidak ada istilah janji. Kami menepati semuanya, termasuk uang saku dan demikian halnya di Asian Games ini juga akan ditepati," ujarnya.

Dia menegaskan bonus yang harus dicairkan sepanjang tahun 2017-2018 telah rampung seluruhnya. Dia memastikan tidak ada keterlambatan dalam pemberian bonus bagi atlet.

Dengan adanya bonus besar tersebut, para atlet diharapkan terpacu untuk berprestasi dalam mengharumkan nama bangsa.

Menpora menargetkan Indonesia dapat masuk 10 besar pada gelaran Asian Games 2018. "Jika dikonversikan dengan medali emas, maka berkisar 16-an medali," ujarnya.

Pada ajang Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang yang akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 bakal diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 463 nomor event dari 40 cabang olahraga.

Untuk kesiapan tempat digelarnya ajang Asian Games 2018, dipastikan siap karena saat ini hanya tahap penyelesaian akhir.

Dia juga menyayangkan adanya perusakan kursi di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

"Informasi terbaru, sudah dipasang kembali. Seharusnya semua pihak menjaganya bukannya merusak karena Indonesia menjadi tuan rumah ajang Asian Games 2018," ujarnya. 

Sumber: Antara


Berita Terkait