sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Survei PPI: Elektabilitas Anies ungguli Ganjar dan Ridwan Kamil

Meski demikian, tingkat keterpilihan Prabowo Subianto berada di urutan pertama dengan 19,9%.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 22 Feb 2021 09:26 WIB
Survei PPI: Elektabilitas Anies ungguli Ganjar dan Ridwan Kamil
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Tingkat elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (capres) mengungguli Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil. Ini tecermin dalam hasil survei Parameter Politik Indonesia (PPI).

Berdasarkan riset tersebut, tingkat keterpilihan mantan Menteri Pendidikan itu sebesar 11,9%. Sementara Ganjar hanya 11,3% dan Emil 4,1%. Nama ketiganya belakangan kerap muncul dalam papan survei capres 2024.

Meski demikian, dalam keterangan tertulis yang diterima, elektabilitas tertinggi diduduki Ketua Umum DPP Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dengan 19,9%. Dia sudah dua kali mengikuti pemilihan presiden (pilpres) dan selalu kalah.

Selain itu, Menteri Sosial yang juga bekas Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, berada di bawah trio Anies-Ganjar-Emil dengan raihan suara 4,0%. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini dibayangi Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dengan elektabilitas 3,8%.

Sponsored

Dalam kesimpulan riset tersebut, menurut PPI, data survei secara konsisten mengamini asumsi meningkatnya kembali pamor capres berlatar belakang militer. Pun menunjukkan Prabowo sebagai figur yang tak tergantikan dari kandidat berbasis tentara.

Kajian ini melibatkan 1.200 responden, yang seluruhnya warga negara Indonesia (WNI) dan memiliki hak suara. Proses pengambilan data menggunakan metode contoh acak sederhana (simple random sampling) dari 6.000 target yang telah dipilih secara sebarang dari kerangka sampel.

Adapun rerata simpangan (margin of error) survei sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Proses pengambilan data dilakukan sejak 3-8 Februari 2021.

Berita Lainnya