sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cak Imin direkomendasikan Ijtima Ulama Nusantara maju di Pilpres 2024

Rekomendasi lain ialah para kiai dan ulama menyatakan siap untuk menjadi juru kampanye PKB di setiap tingkatan.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Minggu, 15 Jan 2023 06:28 WIB
Cak Imin direkomendasikan Ijtima Ulama Nusantara maju di Pilpres 2024

Wakil Sekretaris Dewan Syura DPP PKB, Maman Imanulhaq menyebut Ijtima Ulama Nusantara merekomendasikan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin maju di Pilpres 2024. Menurut Maman, para kiai dan ulama menginginkan Ketua Umum PKB itu menjadi capres atau cawapres di Pilpres 2024 mendatang.

"Iya, kita sangat mendukung. Ada pun realitas politik kita sangat percaya bahwa Gus Muhaimin bisa menentukan bagaimana posisionting PKB ini," kata Maman di Jakarta, Sabtu (14/1).

Maman mengatakan, para kiai dan ulama juga memberikan mandat penuh kepada Cak Imin untuk menentukan arah dan kebijakan PKB dalam menyongsong Pemilu Serentak 2024. Termasuk langkah PKB untuk meraih target 100 kursi di DPR pada Pemilu 2024 serta penentuan capres-cawapres dan koalisi Pilpres 2014.

"Memberi mandat penuh kepada Gus Muhaimin dalam menentukan arah dan kebijakan PKB ke depan terutama dengan target 100 kursi di DPR RI dan pemenangan masuk tiga besar di 2024, termasuk juga soal kepemimpinan nasional," ujarnya.

Rekomendasi lain ialah para kiai dan ulama menyatakan siap untuk menjadi juru kampanye PKB di setiap tingkatan. Para kiai dan ulama akan mengawasi dan memastikan program-program PKB di masyarakat berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Karena waktunya lumayan masih panjang dan para kiai ini akan turun dari pintu ke pintu lain, dari satu kampung ke kampung lain, karena kebetulan kami juga yang hadir banyak para dai-dai yang di daerahnya memiliki jangkauan jamaah yang kuat," tandas Maman.

Diketahui, PKB saat ini membangun koalisi dengan Partai Gerindra dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Meski telah bersepakat membentuk koalisi pada Agustus 2022 lalu, namun kedua partai belum memutuskan siapa yang akan menjadi capres dan cawapres.

Masing-masing parpol menjagokan nakhodanya, yakni Prabowo Subianto dan Cak Imin maju sebagai capres.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid