sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Demokrat akui belum ada titik temu dengan Anies soal cawapres

Menurut Demokrat, capres-cawapres yang diusung harus memenuhi lima kriteria.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 31 Okt 2022 14:45 WIB
Demokrat akui belum ada titik temu dengan Anies soal cawapres

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan pihaknya masih fokus membahas kriteria calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres), serta cara menentukannya. Sejauh ini, Demokrat belum membahas nama secara resmi, meskipun sudah masuk beberapa aspirasi.

"Untuk penentuan, menunggu kesepakatan seluruh parpol calon mitra koalisi. Sebelumnya, ada mekanisme internal di tiap parpol yang harus dijalani dalam memutuskannya," ujar Herzaky kepada wartawan, Jakarta, Senin (31/10).

Menurut Herzaky, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Anies Baswedan sudah sepakat bahwa capres-cawapres yang diusung Koalisi Perubahan harus memiliki lima kriteria. Kriteria yang dimaksud adalah memiliki integritas, kapabilitas, elektabilitas, chemistry, dan semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan.

"Elektabilitas, karena kami ingin menang, bukan hanya bersama. Jadi, baik capres maupun cawapres harus memiliki elektabilitas yang tinggi, apalagi ketika dijadikan pasangan calon," katanya.

Sponsored

Dari segi kapabilitas, rekam jejak dan kemampuan mengelola pemerintahan jika terpilih, sangat diperlukan untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan, baik capres maupun cawapres. Sedangkan chemistry karena Koalisi Perubahan ingin presiden dan wakil presiden saling melengkapi, saling mendukung, bukan malah saling mendahului atau saling berkontestasi.

Dia mengaku banyak aspirasi muncul untuk memasangkan dan mengusung Anies-AHY. Sebab, kedua tokoh ini memang saling melengkapi dan memberikan efek yang lebih kuat ketika disandingkan sebagai sesama tokoh representasi perubahan.

"Apalagi, Ketum AHY sendiri memiliki 3K, karakter, kompetensi, dan kinerja atau jejak rekam yang terbukti dalam memimpin organisasi sebesar dan sekompleks partai politik besar dengan puluhan ribu pengurus dan jutaan kader seperti Partai Demokrat," katanya.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid