sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Golkar kerja sama dengan Partai Komunis China

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membahas kerja sama bilateral dengan perwakilan Partai Komunis China Song Tao.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Sabtu, 21 Sep 2019 16:20 WIB
Golkar kerja sama dengan Partai Komunis China

Partai Golkar menjalin kerja sama bilateral dengan Partai Komunis China (PKC). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan perwakilan Partai Komunis China Bidang Hubungan Internasional Song Tao. Pertemuan ini juga dihadiri para petinggi Golkar di antaranya Ketua DPP Golkar TB Ace Hasan Syadzily, Sekretaris Jenderal DPP Golkar Lodewijk Freidrich Paulus, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Rizal Mallarangeng. 

Airlangga mengatakan, pertemuan dengan Song Tao dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama antara Golkar dan Partai Komunis China (PKC) dalam bidang pengkaderan dan pembangunan Indonesia dan Tiongkok.

"Mereka (PKC) punya mekanisme ataupun sekolah pendidikan dan Partai Golkar sendiri akan membangun Golkar Akademi. Mereka juga punya kekuatan di studi pembangunan, di mana studi pembangunan itu mempunyai program untuk kesejahteraan dengan masyarakat. Nah, program-program ini yang akan dipertukarkan," ujar Airlangga di Jakarta, Sabtu (21/9).

Selain membahas soal pengkaderan antarpartai, Airlangga mengungkapkan, pembicaraan dengan Song Toa juga membahas soal investasi Tiongkok di Indonesia. "Khususnya di bidang mineralisasi logam, seperti di Morowali atapun industri otomotif," ujarnya.

Tak hanya itu, Airlangga pun mengatakan, dirinya dan Song juga membahas soal perang dagang yang kini sedang berkecamuk antara Amerika Serikat dan China. Airlangga menyebut Tiongkok ingin merelokasi banyak industri strategisnya ke Indonesia untuk mengakali perang dagang dengan AS.

"Mereka tadi mendengar kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia dan dalam kebijakan-kebijakaan yang dilakukan tentunya kemudahan yang diberikan akan disampaikan kepada kalangan usaha di China agar indonesia dan China investasinya bisa meningkat," ujarnya.

Dalam pertempuran tersebut, Song Tao menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa senang bisa bertemu dengan Airlangga Hartarto sebagai pimpinan partai politik yang besar di Indonesia.

"Saya sangat senang diterima Partai Golkar, Pak Airlangga dan saya juga senang sekali bisa berkenalan dengan teman-teman Golkar dan terima kasih yang menerima rombongan saya di Jakarta dan mengatur semua acara pertemuan," ucap Song Tao.

Sponsored

Untuk ke depannya, Airlangga mengatakan, Golkar bakal melakukan kunjungan ke markas PKC di Tiongkok guna menjalin kerja sama lanjutan pengkaderan kedua partai.

"Secara spesifik partai PKC mengundang Partai Golkar untuk mengunjungi China dan tentu kita akan respons secara positif dan kemudian melanjutkan program pendidikan atau pertukaran. Kader mereka akan meninjau ke Indonesia dan kader kita akan meninjau ke China dalam bentuk studi banding baik itu kader perempuan ataupun kader pemuda," ujarnya.