sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kabar Jokowi reshuffle kabinet sore ini kian kencang

Presiden Joko Widodo akan lantik empat pejabat negara sore ini.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 28 Apr 2021 14:57 WIB
Kabar Jokowi reshuffle kabinet sore ini kian kencang

Kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan me-reshuffle kabinet dan melantik empat orang pejabat negara baru di Istana Negara Jakarta sore ini, Rabu (28/4), kian kencang.

"Iya benar (pelantikan empat pejabat negara)," kata sumber dari lingkungan istana saat dikonfirmasi mengenai pelantikan tersebut di Jakarta, Rabu (28/4).

Informasi yang diterima Alinea menyebut ada empat pejabat negara yang dilantik, yakni Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Kemudian Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), pengganti Bambang Brodjonegoro yang mengundurkan diri. Kemudian, Indriyanto Seno Adji sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pengganti almarhum Artidjo Alkotsar.

Nadiem kembali dilantik seiring perubahan nomenklatur terkait peleburan Kemenristek ke Kemendikbud. Sedangkan Bahlil sebelumnya menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang menjadi Kementerian Investasi.

Adapun Indriyanto Seno Adji merupakan penasihat Kapolri. Indriyanto juga pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) pimpinan KPK pada 2015 lalu sekaligus dosen di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Sedangkan Bambang Brodjonegoro resmi mengundurkan diri sebagai Menteri Ristek Dikti. Informasi yang dihimpun, Bambang bakal kembali ke kampus menjadi akademisi.

Sebelumnya, Istana tak menampik bahwa Presiden Joko Widodo akan mengocok ulang (reshuffle) Kabinet Indonesia Maju. Namun, masih dalam tahap penggodokan hingga kini.

Sponsored

Meski demikian, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Donny Gahral Adian, memastikan, ada dua menteri yang telah terkonfirmasi akan dilakukan perombakan, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Kementerian Investasi.

"Saya yakinkan (reshuffle) untuk dua kementerian. Sisanya, meski banyak nama berseliweran karena presiden masih menimbang secara mendalam, masak-masak, sebelum melakukan reshuffle," katanya dalam webinar "Menimbang Kementerian Baru dan Reshuflle Kabinet di Tengah Pandemi", Jumat (23/4).

Berita Lainnya