sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Luhut kaji buka Ancol, NasDem: Masih berpikir sektoral

NasDem menilai harusnya Luhut tak tampil di setiap kebijakan pemerintah.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Senin, 04 Mei 2020 16:15 WIB
Luhut kaji buka Ancol, NasDem: Masih berpikir sektoral
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 257388
Dirawat 58788
Meninggal 9977
Sembuh 187958

Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Syarif Abdullah Alkadrie, mengkritik Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan yang mengkaji kemungkinan membuka kembali arena hiburan Taman Impian Jaya Ancol.

Dikatakan Syarif, jika apa yang direncanakan Luhut dapat terimplementasikan, terbukti pemerintah masih berpikir sektoral dalam menghadapi pandemi ini.

Berarti, lanjut dia, tidak merujuk pada satu aturan komando, yakni darurat kesehatan masyarakat sesuai dengan regulasi yang ada.

"Karena kalau saya lihat ini kan masih berpikir sektoral. Soalnya Menko Marintim sekarang malah berpikir bagaimana ini tetap jalan," kata Wakil Ketua Komisi V DPR itu dihubungi Alinea.id, Senin (4/5).

Harusnya, kata Syarif, Luhut tidak semestinya tampil dalam setiap kebijakan pemerintah untuk menghadapi Covid-19.

Pasalnya, kata dia, yang diterapkan adalah status darurat kesehatan, dan yang semestinya menjadi leading sector adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Menteri Kesehatan.

Lebih jauh, Syarif khawatir rantai persebaran virus tidak akan terputus jika beberapa arena hiburan publik dan tempat wisata dibuka. Bahkan,  justru nantinya melahirkan citra buruk Indonesia di mata masyarakat dunia dalam menghadapi Covid-19.

"Jadi percuma juga, umpama Luhut mau buka tempat wisata, orang untuk hadir. Mau wisatawan mancanegara datang, ya itu saya rasa berat untuk wisatwawan, mereka tidak akan mau. Kecuali TKA dari Tiongkok saja mungkin yang memang mereka karena ada aktivitas. Atau memang untuk memberi legitimasi itu saja kali. Saya tidak tahu," paparnya.

Sponsored

Syarif pun meminta pemerintah mengikuti langkah yang diambil Malaysia. Menurut Syarif, pemerintah dan masyarakat Malaysia tertib mengikuti aturan lockdown atau karantina wilayah sesuai prosedur kesehatan sehingga aktivitas negara mereka berhasil normal kembali.

"Di Malaysia itu kan tanggal 4 mereka sudah mulai membuka lagi. Memang kenyataannya mereka berhasil. Tapi kita kalau masih seperti ini, selama belum ada vaksin, saya khawatir," bebernya.

Sebelumnnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan diberitakan tengah mengkaji kemungkinan pemerintah membuka kembali arena hiburan Taman Impian Jaya Ancol menyusul melandainya persebaran Covid-19 di Tanah Air.

Berita Lainnya
×
img