sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PAN kunjungi Golkar, bahas corona hingga RUU Omnibus Law

"Kami bersepakat untuk kepentingan bangsa negara, stabilitas politik menjadi penting."

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 12 Mar 2020 23:20 WIB
PAN kunjungi Golkar, bahas corona hingga RUU Omnibus Law
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 113134
Dirawat 37598
Meninggal 5302
Sembuh 70237

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di kantor DPP Partai Golkar. Ada sejumlah isu baik nasional maupun internasional yang dibahas dalam pertemuan ini.

"Tentunya tadi ada beberapa hal yang dibicarakan. Yang utama terkait dengan kondisi kebangsaan hari ini. Di mana tantangan ketidakpastian dunia begitu banyak, mulai terkait virus corona, kemudian perlambatan ekonomi dunia, gejolak harga minyak," kata Airlangga usai pertemuan di kantor DPP Partai Golkar di kawasan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Kamis (12/3)

Dia mengapresiasi silaturahmi kebangsaan yang diinisiasi oleh PAN. Bagi dia komunikasi antar-partai politik wajib dilakukan guna kepentingan bangsa dan negara. Menurutnya, pertemuan macam ini dapat melahirkan pengertian bersama mengenai masalah-masalah kebangsaan.

"Kami bersepakat untuk kepentingan bangsa negara, stabilitas politik menjadi penting. Stabilitas politik artinya silaturahmi dan kerja sama antar-parpol perlu dilakukan," kata Menteri Koordinator Perekonomian itu.

Pertemuan kedua partai juga membahas mengenai kemungkinan kerja sama kedua partai dalam kontestasi Pilkada 2020 di berbagai daerah. Airlangga menuturkan, kerja sama antara Partai Golkar dan PAN sudah terjalin sejak lama.

Selain itu, kedua partai juga sepakat membahas kelanjutan RUU Omnibus Law, dan mengoreksi bersama hal-hal yang masih menjadi kontroversi.

"Kami sepakat ini segera dibahas. Tentu kita carikan jalan keluar terbaik, sehingga bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Airlangga.

Sementara itu, Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya telah bersepakat untuk selalu menjalin komunikasi demgan partai-partai lain. Bagi dia, persoalan kekinian bangsa tidak perlu disikapi dengan saling menyalahkan.

Sponsored

"Saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan persoalan. Menghadapi situasi ini, dengan kebersamaan, soliditas, kami bisa mengatasi persoalan yang kami hadapi. Kami bicara Omnibus Law, pilkada, dan lain lain," katanya.

Wakil Ketua MPR yang kerap disapa Zulhas ini juga mengatakan, pihaknya juga menyampaikan undangan kepada Airlangga untuk menghadiri acara pelantikan kepengurusan PAN (2020-2025) yang akan berlangsung pada Kamis, 25 Maret 2020.

Turut hadir bersama Zulhas senior serta pejabat teras PAN, di antaranya Hatta Rajasa, Soetrisno Bachir, Asman Abnur, dan Eddhy Soeparno.

Kehadiran Zulhas disambut langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Selain Airlangga, nampak petinggi Partai Gokkar Ahmad Doli Kurnia, Nurul Arifin, Zainudin Amali, Lodewijk Freidrich Paulus, dan Meutya Hafid.

Kunjungan ke Partai Golkar ini menjadi kali ketiga PAN menyambangi partai politkk pasca-kongres ke V di Kendari. Sebelumnya, Zulhas yang kembali terpilih sebagai ketua umum dalam kongres tersebut, telah melakukan kunjungan ke Partai NasDem dan Partai Gerindra.

Berita Lainnya